Muhammadiyah: Islam Harus Beri Manfaat Bagi Orang Banyak

322
Haedar Nashir (Foto: Muhammadiyah.or.id)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan bahwa agama Islam harus memberi manfaat bagi orang banyak, harus mencerahkan, mencerdaskan, dan memajukan.

Hal tersebut disampaikan Haedar saat menerima silaturahim alumni dan keluarga besar SMA Negeri 10 Bandung, Selasa (24/4/2018) di Graha Suara Muhammadiyah.

Haedar mengatakan, dalam Al-Quran, umat Islam kerap disebut sebagai khaira ummah atau syuhada ala al-nas. Al-Quran menghendaki umat ini menjadi umat yang unggul dan tidak tertinggal dalam perlombaan peradaban.

“Namun kenyataanya, umat Islam hari ini belum sepenuhnya menjadi unggul sebagaimana idealisme Quran,” ujar Haedar, Selasa (24/4/2018).

Oleh karena itu, kata Haedar, umat Islam harus berubah. “Muhammadiyah membangun peradaban (din al-hadlarah), membangun pusat-pusat kemajuan Islam. Islam harus hadir membawa peradaban yang utama, bukan dengan kata-kata, tapi aksi nyata,” tegasnya.

Menurutnya, jika kita memiliki tekad dan ketulusan untuk membawa Islam menjadi agama yang unggul, maka Allah akan menolong dan memberi keberkahan dalam perjuangan mulia itu. “Bahwa kita berbuat yang terbaik untuk umat, Insya Allah barakah Allah hadir,” tuturnya.

Haedar juga menyebut beberapa contoh perbuatan Muhammadiyah dalam mewujudkan Islam yang bisa memberi manfaat bagi semua. Di antaranya dengan lembaga-lembaga pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan pelayanan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Di Indonesia Timur, kebanyakan yang merasakan manfaat dari Muhammadiyah justru merupakan masyarakat non-muslim. Belakangan, Muhammadiyah menggencarkan untuk membangun tonggak-tonggak kemajuan di luar negeri,” imbuhnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here