MUFFEST 2021, Pentahbisan Indonesia Sebagai Pusat Fesyen Dunia

143
(Ki-Ka) Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, secara simbolis membuka acara Muslim Fashion Festival (Muffest) 2021 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (18/03/2021). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, secara resmi membuka gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021, Kamis (18/3/2021).

Teten mengatakan, MUFFEST 2021 menjadi ajang penahbisan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim di dunia. Ia pun mendukung promosi terpadu seperti yang dilakukan MUFFEST secara konsisten, bukan hanya di dalam negeri, namun juga secara gobal, sehingga positioning Indonesia sebagai pusat mode muslim dunia dapat diakui.

“Indonesia telah dicanangkan menjadi produsen produk halal terbesar dunia pada tahun 2024, dan dimulai dengan fesyen muslim. Konsep yang harus kita dukung bersama melalui sinergi dan kolaborasi berbagai pihak,” ujar Teten dalam sambutannya di Opening Ceremony MUFFEST 2021, Kamis (18/3/2021).

Teten berharap, melalui MUFFEST 2021 akan banyak transaksi perdagangan dan kerja sama secara berkelanjutan. Ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan belanja produk lokal, UMKM, dan bertumbuh untuk mendukung perbaikan perekonomian nasional.

MUFFEST 2021 diselenggarakan pada tanggal 18-28 Maret 2021 di Kota Kasablanka Jakarta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di JCC Senayan, tahun ini MUFFEST berkolaborasi dengan mall atau retail selaku Official Venue yang telah mendapatkan izin untuk beroperasi saat pandemi.

Dengan kolaborasi ini diarahkan dapat membuka jalan untuk lebih mengoptimalkan etalase MUFFEST untuk menggaungkan produk fesyen muslim Indonesia lebih meluas.

Pada Opening Ceremony MUFFEST 2021, digelar pula fashion show karya desainer dan jenama fesyen muslim dan modest Indonesia, yaitu Hannie Hananto, Monika Jufry, Deden Siswanto, Ivan Gunawan Privilege Modest, PRIYA by Dana Duriyatna, BBPLK Semarang x Putri Intan, Ria Miranda, Ichwan Thoha, Itang Yunasz, Lisa Fitria, AM by Anggiasari, Irmasari Joedawinata, ABEE, Sofie, Irna La Perle.

Rangkaian fashion show MUFFEST 2021 akan menampilkan pula parade karya dari Nina Nugroho, Tepa Selira, dan Asia Pacific Rayon (APR) yang mempersembahkan koleksi Geulis, Hurrem by Fia, dan Salt N Pepper.

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i.

Dengan komitmen untuk tetap menggaungkan kampanye Sustainable Fashion, MUFFEST mengajak para desainer dan jenama untuk tidak membuat koleksi baru, melainkan dapat memanfaatkan koleksi yang telah dibuat sebelum atau selama pandemi, namun diberikan sentuhan baru sesuai perkembangan tren dan kebutuhan pasar terkini.

Konsep ini diharapkan dapat menambah daya jual dan masa pakai suatu koleksi sehingga dapat kembali dipasarkan untuk keberlangsungan bisnis. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here