Mudah, Ini 6 Jurus Sehat Agar Kolesterol Tubuh Selalu Normal

58
Olahraga Lari (Foto: nbcnews)

Muslim Obsession – Kolesterol diciptakan Allah Ta’ala untuk ada di setiap sel tubuh dengan fungsi yang sangat baik, yakni mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Kolesterol baik (HDL) maupun kolesterol jahat (LDL) pada tingkat normal adalah zat penting bagi tubuh. Kendati demikian, jika konsentrasinya dalam darah menjadi terlalu tinggi, bisa menempatkan seseorang pada risiko serangan jantung.

Lalu, seperti apa pola hidup sehat yang harus diterapkan agar kolesterol tubuh selalu dalam kadar yang normal?

Mengutip Halodoc, berikut ini lima jurus sehat dan mudah agar kolesterol tubuh selalu normal.

1. Jauhi Alkohol

Jauhi alkohol. Sebagai seorang Muslim, kita tentu paham bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol adalah perilaku yang merusak sehingga dihukumi haram. Baik banyak maupun sedikit, mengkonsumsinya adalah perbuatan haram.

Bagi Anda yang masih mengkonsumsinya, segeralah hentikan. Mengubah kebiasaan gaya hidup yang buruk ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol selalu berada di ambang normal.

2. Olahraga Teratur

Memiliki kebiasaan berolahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan. Olahraga meningkatkan kadar HDL sekaligus menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam tubuh. Biasakan untuk melakukan olahraga secara teratur, misalnya dengan jalan cepat minimal 30 menit setiap hari.

3. Tinggalkan Rokok

Merokok meningkatkan kemampuan kolesterol LDL untuk masuk ke dalam sel-sel arteri dan menyebabkan kerusakan.

4. Hilangkan Lemak Tubuh Berlebih

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan trigliserida darah dan kadar LDL.

5. Kontrol Kadar Gula Darah

Gula darah tinggi terkait dengan peningkatan risiko aterosklerosis (pengerasan arteri), serangan jantung dan stroke. Kita perlu memperhatikan kadar gula darah, terutama jika Anda mengidap diabetes.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Pola hidup sehat erat kaitannya dengan pola makan sehat. Berbicara mengenai pola makan sehat, itu artinya pilihan jenis makanan yang dikonsumsi secara rutin. Untuk menjaga agar kolesterol tubuh selalu normal, berikut ini pilihan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi, yaitu:

1. Tingkatkan jumlah dan variasi buah segar, sayuran, dan gandum.

2. Pilih susu rendah atau rendah lemak, yoghurt, dan produk susu lainnya atau tambahkan minuman kedelai untuk meningkatkan asupan kalsium.

3. Pilihlah daging tanpa lemak (daging yang dipangkas lemaknya).

4. Batasi daging berlemak, termasuk sosis dan salami, dan pilih daging sandwich yang lebih sehat, seperti dada kalkun atau ayam tanpa lemak yang dimasak matang.

5. Konsumsi ikan (segar atau kalengan) setidaknya dua kali seminggu.

6. Ganti mentega dengan margarin tak jenuh ganda.

7. Sertakan makanan camilan kaya serat larut dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, polong-polongan dan biji-bijian.

8. Batasi konsumsi keju dan es krim hanya dua kali seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here