Mohammad Natsir, Menteri yang Tak Punya Baju Bagus

955
Mohammad Natsir (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Jalan kehidupan Mohammad Natsir memberi banyak pelajaran bermakna. Sosok ulama sekaligus politisi itu ialah pejuang kemerdekaan Indonesia.

Maka pantas, dia mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional. Pendiri sekaligus pemimpin partai politik Masyumi ini sempat menjabat menteri dan perdana menteri Indonesia.

Sedangkan di kancah internasional, ia pernah menjabat sebagai presiden Liga Muslim se-Dunia (World Muslim Congress) dan ketua Dewan Masjid se-Dunia. Tapi terlepas dari itu semua, Mohammad Natsir ternyata sosok yang amat sederhana.

Dalam buku Natsir, 70 Tahun Kenang-kenangan Kehidupan dan Perjuangan, ­Ge­orge McTurnan Kahin, Indonesianis asal Amerika yang bersimpati pada perjuangan bangsa Indonesia pada saat itu, bercerita tentang pertemuan pertama yang mengejutkan.

Natsir, waktu itu Menteri Penerangan, berbicara apa adanya tentang negeri ini. Tapi yang membuat Kahin betul-betul tak bisa lupa adalah penampilan sang menteri.

”Ia memakai kemeja bertambalan, sesuatu yang belum pernah saya lihat di antara para pegawai pemerintah mana pun,” kata Kahin.

Dia melihat sendiri Natsir mengenakan jas bertambal. Kemejanya hanya dua setel dan sudah butut.

Kahin, yang mendapat info dari Haji Agus Salim me­ngenai sosok Natsir, belakangan tahu bahwa staf Kementerian Penerangan mengumpulkan uang untuk membelikan pakaian supaya bos mereka terlihat pantas sebagai seorang menteri.

Hal ini turut diamini oleh seorang Reporter yang melaporkan, bahwasanya Natsir ialah seorang tokoh yang sederhana sepanjang zaman. Ia juga menyebut bahwa Natsir tak punya baju bagus, bahkan jasnya pun penuh tambalan.

Konon, dia dikenang sebagai menteri yang tak punya rumah dan menolak diberi hadiah mobil mewah. Kala itu dikatakan bahwa Natsir menolak mobil Chevrolet Impala. Padahal, di rumahnya dia hanya memiliki mobil tua, De Soto yang dia beli sendiri untuk mengantar-jemput anak-anaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here