Mitos atau Fakta: Emping Penyebab Asam Urat?

988

Jakarta, Muslim Obsession – Emping atau kerupuk emping yang diolah dari buah melinjo menjadi salah satu cemilan yang enak dan gurih dikonsumsi. Rasanya bisa beragam, ada yang gurih, pedas, manis, atau asin menjadi pelengkap yang tidak bisa dipisahkan saat Anda makan soto, misalnya.

Tapi tahukan Anda bahwa di luar sana, banyak masyarakat yang menganggap emping menjadi salah satu sumber masalah kesehatan, terutama penyebab asam urat. Lantaran kandungan pada buah melinjo yang rentan membuat kambuh nyeri dan bengkak di persendian seluruh tubuh.

Lalu benarkan penderita asam urat dilarang makan emping? Jika tetap makan emping, apakah asam urat akan tetap kambuh seteleh mengonsumsinya?

Dikutip dari hellosehat, penyebab asam urat kambuh ternyata oleh uric acid, yaitu senyawa yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin, dan akhirnya menumpuk di persendian. Biasanya, asam urat larut dalam darah dan kemudian hilang melalui urin.

Tetapi, kadang tubuh menghasilkan asam urat dalam darah, atau ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit. Akibatnya adalah, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan, menyebabkan nyeri, peradangan, dan bengkak.

Untuk itu Anda harus tahu apa saja kandungan yang ada dalam emping yang berbahaya bagi penderita asam urat.

Emping terbuat dari buah melinjo yang banyak dijual di pasaran. Emping diolah dari buah melinjo yang matang, ditumbuk sampai halus, dicetak, dan dikeringkan.

Saat proses produksinya, emping digoreng dalam minyak. Nah, minyak ini sesungguhnya yang banyak mengandung lemak, sehingga tidak baik bagi tubuh penderita asam urat.

Terdapat 345 kilo kalori dalam emping, sedangkan purin sebesar 200 mg, protein 12 gram, karbohidrat 71,5 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 100 miligram, fosfor 400 miligram, dan zat besi 5 miligram.

Selain itu di dalam emping juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram emping.

Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin memang bisa ditemukan di berbagai jenis makanan. Terdapat makanan yang mengandung purin tinggi, dan makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here