Minum Es Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?

476

Jakarta, Muslim Obsession – Sebagian Anda mungkin pernah atau kerap mendengar larangan minum es atau air dingin. Bukan karena urusan bikin sakit, namun minum es oleh sebagian masyarakat dipercaya bisa bikin gemuk. Apa betul kabar itu adalah fakta?

Secara ilmiah, rupanya tidak ada hubungan antara kebiasaan minum dengan suhu air tertentu dengan berat badan seseorang.

Di artikel berjudul Minum Air Es Bikin Gendut, Kata Siapa? Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Diana F Suganda M Kes SpGK justru mematahkan anggapan tersebut.

Menurut Diana bahwa air es atau air kemasan yang dimasukkan ke kulkas sebelum diminum tidak memiliki kalori sama sekali alias nol.

“Yang jahat itu, kalau kita biasanya minum air es (dicampur sesuatu). Habis makan soto, minum es teh manis. Tambahan gula itu membuat kalori bertambah,” kata Diana.

Terlebih untuk orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Gula pada campuran air es itu yang menghambat proses peluluhan lemak. Sekadar air putih saja, sekali pun dingin, tidak bikin gendut.

Hal senada diungkapkan dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Diana Sunardi, menyampaikan bahwa air minum yang bersuhu dingin seperti air es itu tidak akan membuat gemuk.

Alasannya, air minum tanpa tambahan apapun itu jika ditilik dari segi kalori adalah nol kalori. Beda halnya bila air es yang dimaksud sudah dicampur dengan tambahan lain yang mengandung gula. Tentu bisa membuat gemuk karena sudah tidak nol kalori lagi.

“Misalnya air es itu ditambahkan sirup atau es teh manis. Kehadiran gula di dalam air es itu yang membuat gemuk,” kata wanita yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Groadi,

Jadi tidak benar kalau minum air es bikin badan melar alias gemuk atau buncit. Selama tidak ditambahkan campuran lainnya, murni hanya air putih saja, kalorinya tidak ada sama sekali. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here