Minum 8 Gelas Perhari, Yuk Kenali Jenis Air Putih yang Dikonsumsi

100
Minum air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan.

Muslim Obsession – Para ahli kesehatan senantiasa menganjurkan agar setiap orang rajin mengkonsumsi air putih. Anjurannya, seseorang meminum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter hari.

Kendati demikian, kita sendiri bisa menilai berapa banyak air yang dibutuhkan. Kebutuhan air bervariasi antar individu, dan yang paling baik adalah minum setiap kali kita merasa haus, sehingga kebutuhan air terpenuhi.

Haus merupakan isyarat bahwa tubuh sedang membutuhkan air. Maka kenalilah setiap isyarat haus itu. Jika mengikuti isyarat tersebut, mungkin air yang kita minum dalam sehari bisa kurang dari 8 gelas, atau bahkan lebih.

Tak perlu memaksakan minum air putih 8 gelas kalau tubuh kita erasa sudah cukup terhidrasi. Dan tak perlu menahan diri juga bila merasa masih haus setelah minum air putih 8 gelas seharian.

Kenapa harus banyak minum air putih? Karena secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya. Seseorang bisa mengalami dehidrasi, sehingga dapat menguras energi dan membuat seseorang menjadi lelah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan melibatkan wanita membuktikan bahwa kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Kita mungkin sering mendengar istilah air mineral untuk menyebut air putih yang kita minum. Padahal air putih tak melulu berarti air mineral, karena ada istilah lain untuk air putih yang memiliki komposisi berbeda dengan air mineral.

Mengutip Alo Dokter, air putih memiliki beberapa jenis penyebutan karena berbeda komposisinya.

Pertama, air mineral. Jenis air ini berasal dari sumber mata air pegunungan, sehingga kaya akan mineral.

Kandungan mineral di dalam air bermanfaat untuk kesehatan, seperti membantu metabolism tubuh, mendukung fungsi ginjal, dan membantu pembentukan sel dan enzim. Air mineral memiliki pH antara 6 – 8,5.

Kedua, air demineral. Air ini hampir tidak mengandung mineral karena sudah berkali-kali melewati proses. Air putih jenis ini biasanya memiliki pH antara 5 – 7,5.

Ketiga, air alkali. Yaitu jenis air yang telah melalui proses ionisasi atau elektrolisis dan biasanya mengandung pH yang lebih tinggi (8,5 – 9,97).

Mengkonsumsi air mineral secara teratur akan membantu kecukupan mineral dalam tubuh. Untuk itu, pilihlah air mineral yang baik. Salah satunya dengan melihat pemilihan sumber airnya.

Air mineral yang berasal dari pegunungan dan terjaga ekosistem alaminya merupakan pilihan yang baik, karena memiliki kandungan mineral alami.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis air air putih dan alasan kenapa harus mengkonsumsinya secara tepat?

Yuk, kita jaga kesehatan dengan mengawali hari dengan minum air putih setelah bangun tidur. Tentunya dengan kandungan mineral sebagai kebiasaan sederhana yang sangat mudah dilakukan, namun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here