Mimar Sinan, Arsitek Terbaik Dalam Sejarah Islam

3097
mimar-sinan (Foto: backpackingistanbul.com)

Muslim Obsession – Mimar Koca Sinan atau dikenal dengan Mimar Sinan adalah seorang arsitektur Turki yang karya-karyanya ada hingga saat ini.

Potensinya dalam bidang arsitek didapat dari keilmuan sekolah. Mimar Sinan terlahir pada tahun 1490 didesa Ağırnas kawasan Gesi kota Kayseri. Menurut sebuah keterangan dari badan kependudukan arsiv Ottoman atau Utsmani, didesa tersebut juga sebagai komunitas Kristen Turki yang biasa disebut Gebrân.

Sinan dianggap sebagai seorang arsitek yang terbesar di antara semua arsitek pada masa Kekaisaran Turki Usmani. Karirnya terus berkembang dan semakin mananjak selama 50 tahun, sejak dia diangkat menjadi kepala arsitek kerajaan Turki Usmani oleh Sultan Suleyman I pada tahun 1539. Banyak bangunan yang menjadi bukti kehebatannya dalam bidang arsitektur, terutama masjid buatannya yang besar yang menjadi gambaran tipikal arsitektur Turki Usmani.

Sepanjang karirnya, Sinan menjadi arsitek bangunan-bangunan penting era Turki Usmani. Dia membangun ratusan bangunan termasuk masjid, istana, kapel, kuburan, sekolah, sekolah, kafilah serais, lumbung, air mancur, saluran air dan rumah sakit. Namun dari berbagai macam bangunan yang dia bangun, masjid merupakan hasil arsiteknya yang paling berpengaruh di Turki. Masjidnya telah menjadi ikon dan contoh bagi pembangunan masjid-masjid lainnya di Turki.

Dalam desain masjidnya, Sinan melakukan percobaan yang inventif dengan merancang ruang kubah terpusat yang sering dibandingkan dengan perkembangan paralel Renaisans Italia. Lebih jauh lagi, dia berhasil membangun monumen di mana kubah pusat terlihat tanpa bobot dan permukaan interiornya bermandikan cahaya. Dia juga sering merancang masjid sebagai bagian dari sebuah kompleks yang terdiri dari sekolah, tempat pemandian, wisma tamu, dan rumah sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here