Milad ke-64, UMI Beri Gelar Doktor pada Jusuf Kalla

165

Makassar, Muslim Obsession — Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyematkan gelar doktor kehormatan atau Doctor Honoris Causa kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Penganugerahan Doctor (HC) di bidang pemikiran politik Islam itu diberikan langsung oleh Rektor UMI Masrurah Mokhtar pada Rapat Senat peringatan Milad ke-64 UMI di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI, Makassar, Sabtu (23/6/2018).

Rektor UMI mengungkapkan bahwa pemberian gelar kepada JK tidak muncul begitu saja, melainkan telah berdasarkan kajian yang serius dan mendalam oleh anggota senat UMI. Keputusan itu di antaranya berdasarkan nilai dan pertimbangan atas gagasan semangat dan jasa JK.

“Di antaranya terkait bidang pemikiran politik Islam. Beliau politikus yang tidak hanya berteori namun juga terlibat langsung dalam masyarakat dalam penguatan rasa kebangsaan dalam bingkai NKRI,” sebut Masrurah dalam sambutannya.

Selain itu, sambungnya, JK dinilai sebagai tokoh yang memiliki karakter dan konsisten dalam mengatasi masalah kebangsaan. JK juga berjasa dalam menggelar upaya damai di beberapa daerah.

“Kiprah, terobosan, dan kebijakan beliau ini mendapat pengakuan baik dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden mengatakan jika penghargaan tersebut bukan hanya untuk dirinya tetapi untuk memotivasi terwujudnya penguatan semangat kebangsaan.

“Penganugerahan gelar kepada saya dalam bidang Pemikiran Politik Islam ini, khususnya tentang Prinsip Islam bagi penguatan semangat kebangsaan, semoga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya penguatan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI yang kita cintai ini,” harap JK.

Pada kesempatan itu JK menyampaikan selamat kepada UMI yang merayakan ulang tahunnya ke-64. Menurutnya, UMI menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di tanah air yang mampu bertahan dan berkembang di tengah perubahan dan gejolak zaman.

Penghargaan Doctor (HC) dari UMI tersebut menjadi gelar Doktor Kehormatan ke-12 yang diterima JK. Dalam penyematan gelar kehormatan kali ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan juga dihadiri oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono.

JK dalam kunjungan ke Makassar hingga Ahad (24/6), selain menghadiri puncak peringatan Milad ke-64 Universitas Muslim Indonesia, Wapres juga diagendakan akan menghadiri pertemuan Saudagar Bugis Makassar ke-18 pada Ahad (24/6/2018) esok.

Sementara hari ini setelah menerima gelar doktor kehormatan dari UMI, Wapres JK juga akan meresmikan Microfinance Center, Kampus Fakultas Teknik di Universitas Hasanudin. Sementara esok, JK akan hadir dalam acara Halal Bihalal dan Diskusi Pemuda Kebangkitan Ekonomi Islam di Masjid Al Markas. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here