Mi Ayam, Apakah Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

197
Mi Ayam.

Muslim Obsession – Siapa yang tak tahu mi ayam? Hampir di setiap kantin, food court, bahkan sudut-sudut jalan akan kita temui penjual mi ayam. Tak heran jika penganan ‘sejuta umat’ ini menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang digemari oleh banyak orang.

Selain memiliki rasa yang enak, mi ayam juga bisa mengenyangkan. Sehingga oleh para penyukanya, mi ayam bahkan sudah seperti makanan ‘wajib’ pengganti nasi. Tapi, apakah aman bagi tubuh jika mi ayam dikonsumsi setiap hari?

Mi ayam terbuat dari bahan dasar mi basah dengan kuah dalam jumlah yang cukup banyak. Disajikan dengan tambahan bumbu dan minyak sebagai penambah rasa, mi ayam juga diberi suwiran daging ayam serta beberapa jenis sayuran. Hal ini membuat mi ayam dianggap sebagai makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap.

Dilansir Dokter Sehat, Selasa (9/7/2019), para pakar kesehatan mengingatkan bahwa mi ayam termasuk dalam makanan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi. Jika kita mengonsumsinya satu mangkuk saja, kita sudah mendapatkan sekitar 650 hingga 700 kalori. Padahal, setiap harinya kita hanya membutuhkan sekitar 1.500 hingga 2.000 kalori.

Jika kita mengonsumsinya terlalu sering, bisa jadi akan membuat asupan kalori menjadi berlebihan. Apalagi jika ditambah dengan memakan beberapa lauk lainnya seperti sate, kerupuk, ceker ayam, dan gorengan, maka bisa dipastikan kalori yang dimakan pun jumlahnya bertambah banyak.

Masalah datang jika kita mengonsumsi kalori berlebihan dapat memicu kenaikan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here