Meski Seluruh Masjid Ditutup, Adzan Tetap Berkumandang di Saudi

489
Menunaikan haji menjadi impian setiap muslim. (Foto: Muslim Obsession)

Riyadh, Muslim Obsession – Saudi Arabia mengumumkan pada Selasa (18/3/2020) bahwa masjid tidak akan lagi menerima jamaah untuk shalat lima waktu atau shalat Jumat.

Tindakan ini dilakukan guna membantu membatasi penyebaran virus corona. Sementara shalat hanya akan berlanjut di dua masjid suci di Makkah dan Madinah, tempat paling suci dalam Islam. Demikian mengutip keputusan Dewan Ulama Senior, badan keagamaan tertinggi kerajaan seperti dilansir Arab News.

Masjid-masjid untuk sementara waktu akan ditutup, tetapi panggilan shalat atau adzan tetap akan dikumandangkan. Namun bukan untuk panggilan shalat berjamaah di masjid, melainkan di rumah masing-masing.

Menteri Urusan Islam Abdulatif al-Sheikh mengatakan kepada televisi negara bahwa fasilitas untuk memandikan jenazah di masjid akan tetap terbuka, tetapi akses akan dibatasi untuk beberapa orang. Berdoa atas orang mati hanya akan diizinkan di kuburan, bukan di masjid.

Arab Saudi, dengan 133 infeksi yang dilaporkan dan tidak ada kematian, telah mengambil langkah drastis untuk memerangi penyebaran virus corona, termasuk menangguhkan haji Umrah, menghentikan semua penerbangan internasional, dan menutup sebagian besar perusahaan publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here