Meski Sehat, Tetap Hati-Hati Makan Nanas Madu. Kenapa?

138
Nanas Madu, enak dan sehat.

Jakarta, Muslim Obsession – Salah satu buah yang popular di Tanah Air adalah nanas. Di seputar Jabodetabek, akan dengan mudah menemukan pedagang nanas. Salah satu yang paling laris adalah nanas madu.

Dilansir Dokter Sehat, nanas madu disukai banyak orang karena rasanya yang lebih manis dibandingkan jenis nanas lainnya. Meski  lebih manis, tapi kandungan nutrisi di setiap nanas sebenarnya tidak jauh berbeda.

Buah nanas antara lain mengandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, mangan, vitamin B6, tembaga, thiamine, folat, kalium, magnesium, niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), riboflavin (vitamin B2), besi, vitamin A, vitamin K, fosfor, zinc, hingga kalsium. Sejumlah antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik juga tentunya banyak terkandung dalam buah tropis satu ini.

Baca juga: Tak Cuma Hilangkan Haus, Berikut ini Manfaat Semangka yang Jarang Diketahui

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, membuat nanas madu menjadi pilihan santapan buah yang tidak hanya enak, tapi juga sehat.

Antara lain nanas bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menekan peradangan, menjaga sistem imun tubuh, mempercepat proses penyembuhan, menurunkan tekanan darah, mencegah asma, menjaga gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, sangat baik untuk kesuburan, menjaga kesehatan mata, hingga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Kendati relatif aman untuk sebagian besar orang, namun mengkonsumsi nanas madu berlebihan juga tidak disarankan.

Baca juga: 5 Tips Hidup Sehat yang Diajarkan Rasulullah

Senyawa bromelain diketahui dapat meningkatkan penyerapan obat tertentu seperti antibiotik dan pengencer darah. Jika Anda sedang menjalani pengobatan dan mengonsumsi obat tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas.

Meski nanas madu lebih manis dari nanas pada umumnya, namun penderita penyakit GERD juga disarankan untuk membatasi konsumsinya. Nanas dapat memicu heartburn dan refluks asam pada sebagian orang.

Penting diketahui juga bahwa sebagian manfaat nanas madu di atas bukan berdasarkan penelitian langsung terhadap buah nanas madu. Maka dari itu, nanas tidak bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit yang disebutkan di atas.

Namun, tidak ada salahnya menambahkan buah ini secukupnya dalam diet Anda setiap hari untuk mendapatkan khasiat nanas madu untuk kesehatan. Dan yang tak kalah penting, jangan sampai lupa juga untuk melengkapi nutrisi dengan makanan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here