Meski Gaji Kecil, Guru Honorer Cantik Ini Punya Cara Lain Tingkatkan Penghasilan

114

Jakarta, Muslim Obsession – Sudah bukan menjadi rahasia umum jika guru honorer dimana-mana pasti selalu mengelukan dengan gaji yang kecil. Karena negara memang tidak memberikan anggaran khusus untuk mengaji seluruh guru honorer setiap bulannya.

Gaji honorer biasa disisakan dari dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). Maka wajar, sampai sekarang gaji guru honorer sangat kecil. Namun, meski pun kecil, tapi bukan menjadi alasan para guru ini putusan harapan, dan berhenti berkarya.

Seperti halnya yang dilakukan Dede Fatimah (33), seorang guru honorer di SMK Negeri Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sejak tahun 2007, Dede sudah menjadi guru honorer di salah satu MTS. Saat itu, dirinya sambil kuliah S1 di salah satu Universitas.

“Kalau guru honorer sejak kuliah S1 2007, kebetulan saya dulu mengajar di sekolah satu atap di bawah Kemenag, sambil dulu kuliah S1 saya mengajar,” ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (15/10/2021).

Saat menjadi guru honorer di MTS itu, dirinya mendaparkan penghasilan sangat kecil. Dari satu mata pelajaran yang diajar selama satu jam, ia hanya dibayar Rp12.500.

“Awalnya saya di MTS saya dapat sebulan Rp150 ribu itu gak cukup sama sekali apalagi buat bensin untuk sebulan karena memang medan jalannya waktu itu batu semua,” tuturnya.

Sadar penghasilannya tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari, Dede mencari penghasilan tambahan. Dia mulai mencari honor dengan nyambi menjadi guru les.

Dede menggelar les tambahan di rumahnya dengan mengajarkan anak matematika. Salah satunya ialah anak dari guru PNS yang ingin masuk ke perguruan tinggi.

Selain itu, ia juga menyambi untuk berjualan online. Ia bersyukur ketika pekerjaan itu dikerjakan dengan ikhlas, maka dengan sendiri, Tuhan memberikan jalan rezeki dari arah yang lain. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here