Mesir Negara Pertama di Afrika yang Memulai Program Vaksinasi Covid-19

132

Kairo, Muslim Obsession – Mesir menjadi negara pertama di Afrika yang memulai program vaksinasi virus corona atau Covid-19. Dilansir dari AFP, Senin (25/1/2021), Mesir menggunakan vaksin Sinopharm buatan China.

Para dokter dan perawat di Mesir menjadi prioritas untuk menerima vaksinasi pertama. Menteri Kesehatan Mesir, Hala Zayed, memastikan untuk tahap awal vaksin akan diterima seluruh tenaga kesehatan secara gratis.

“Semua petugas kesehatan akan menerimanya secara gratis, itu hak mereka,” kata Zayed.

Setelah tenaga kesehatan, pasien yang menderita penyakit kronis dan orang tua akan didahulukan untuk divaksin.

Otoritas Mesir akan membangun lebih dari 35 pusat medis dalam beberapa minggu mendatang. Tempat tersebut akan dikhususkan untuk pelaksanaan vaksinasi Corona.

Zayed mengatakan pemerintah Mesir juga telah menandatangani kesepakatan untuk menerima pengiriman vaksin dari perusahaan Inggris, China dan Rusia, dengan total sekitar 100 juta dosis. Awal bulan ini, Mesir akan menerima 40 juta dosis yang sebagian besarnya merupakan vaksin AstraZeneca-Oxford.

“Saya meyakinkan rakyat Mesir bahwa mereka akan menerima vaksin, tapi saya tegaskan kembali bahwa vaksin bukanlah pengganti untuk tetap waspada dalam hal pencegahan kesehatan, termasuk memakai masker,” kata Zayed.

Diketahui, terdapat lebih dari 160.000 kasus virus Corona di Mesir, dengan jumlah kematian sebanyak 9.000 kasus. Sebanyak 330 dokter di Mesir telah meninggal dunia karena virus Corona. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here