Merinding! ‘Kota Hantu’ Varosha Mendadak Dibuka untuk Pemukiman

200
Kota Hantu Varosha (Foto: Daily Sabah)

Turki, Muslim Obsession – Pemerintah Republik Turki Siprus Utara (TRNC) pada Selasa (18/6/2019) memutuskan untuk membuka Varosha (Maraş).

Varosha sendiri dijuluki Kota Hantu. Dulunya, Varosha adalah sebuah resor wisata yang ditinggalkan sejak 1974 di dekat Famagusta (Gazimağosa), untuk penyelesaian di tengah meningkatnya ketegangan di Mediterania Timur.

“Dewan Menteri akan mengevaluasi kondisi untuk tindakan di Varosha, yang secara hukum merupakan zona militer di TRNC,” kata Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri negara itu Kudret Özersay, sebagaimana diberitakan Daily Sabah, Rabu (19/6/2019).

Pemerintah TRNC juga akan mengoordinasikan tindakannya mengenai Varosha dengan Ankara. Lebih lanjut, tim ahli dari TRNC akan mengunjungi Varosha untuk membuat daftar properti bergerak dan tidak bergerak di kota tak berpenghuni tersebut.

Varosha adalah daerah resor terkenal di Siprus yang memiliki kapasitas 10.000 tempat tidur di lebih dari 100 hotel, namun telah ditutup sejak 1974. Pada tahun yang sama, pasukan militer Turki melakukan intervensi di pulau itu menyusul kudeta yang diilhami oleh Yunani.

Kudeta itu terjadi setelah satu dasawarsa kekerasan antar-etnis dan terorisme yang menargetkan orang-orang Turki Turki, yang dipaksa untuk tinggal di daerah terkepung ketika orang-orang Siprus Yunani secara sepihak mengubah konstitusi pada tahun 1963 dan mencabut hak-hak politik warga Turki di pulau itu.

Kota ini dilindungi oleh resolusi Dewan Keamanan tahun 1984 di Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa kota kosong hanya dapat dimukimkan kembali oleh penduduk aslinya.

Kesepakatannya, jika Siprus Yunani menerima rencana Annan PBB 2004 untuk penyatuan kembali pulau itu, Varosha sekarang akan kembali di bawah kendali Siprus Yunani dan penduduk akan memiliki rumah mereka kembali.

Meskipun demikian, mayoritas Siprus Yunani memilih menentang rencana tersebut, sedangkan Siprus Turki justru sebaliknya.

Jika pihak Yunani dan Turki mencapai kesepakatan, Siprus Yunani akan mendapatkan akses ke Varosha, pelabuhan, bandara Turki, dan Siprus Turki akan dapat terlibat dalam perdagangan langsung melalui pelabuhan Famagusta. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here