Meriahkan HAB ke-72, Cak Nun Ajak Ribuan ASN Kemenag Senandungkan Shalawat Nariyah

671
Cak Nun di Kemenag
Cak Nun saat mengisi acara di depan ribuan ASN Kemenag dalam kegiatan Malam Tasyakuran Hari Amal Bakti ke 72. (foto: furqan/kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Malam tasyakuran sebagai puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Kamis malam (11/1/2018), berlangsung khidmat dan meriah.

Salah satunya tampak saat ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag dan para undangan menyenandungkan Shalawat Nariyah yang dipimpin budayawan kondang, Emha Ainun Najib. Pembacaan Shalawat Nariyah diringi musik Islami grup Kiai Kanjeng dari Yogyakarta.

Menurut lelaki yang akrab disapa Cak Nun itu, Shalawat Nariyah banyak tersebar dan diamalkan oleh kaum muslimin. “Bahkan ada berkeyakinan, siapa yang membacanya 4444 kali, hajatnya akan terpenuhi atau akan dihilangkan kesulitan yang dialaminya,” ujar Cak Nun, seperti dilansir situs resmi Kemenag.

Lewat lantunan Sholawat Nariyah, Cak Nun yang mengenakan baju dan kopiah putih mengajak segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk mendoakan keselamatan bangsa. Selanjutnya, Cak Nun menjelaskan tentang sejarah Shalawat Nariyah di Madinah dan di berbagai negara.

Tak ketinggalan, istri Cak Nun yang juga seorang penyanyi, Novia Kolapaking, turut melantunkan Shalawat Badar dan Keluarga Cemara.

Pada kesempatan itu, Cak Nun juga mengapresiasi tema HAB ke-72, “Tebarkan Kedamaian”. Ia menilai tema itu tepat karena Islam yang rahmatan lil ‘alamin itu damai dan tidak akan menyakiti agama lain.

Rahmatan lil ‘alamin itu yang menebar kedamaian, sesuai dengan tema HAB ke-72 yakni Tebarkan Kedamaian,” sebutnya.

Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya menyebut peringatan HAB ke-72 malam itu sebagai forum kenduri cinta.

“Keluarga besar Kemenag patut bersyukur, malam ini adalah malam kebahagian, karena kita menjadi bagian dari pelayanan umat. Sebaik-baiknya pengabdian manusia adalah pelayan dari manusia itu sendiri,” kata Menag yang hadir mengenakan pakaian serba hitam.

Malam tasyukuran juga dihadiri tokoh lintas agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Adapun sekitar 4000 ASN yang hadir berasal dari seluruh unit eselon 1 maupun kanwil Kemenag. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here