Menyentuh Hati, Kisah Roti Gosong dari Mantan Presiden India

171

Muslim Obsession – Dr Abdul Kalam, Mantan Presiden India bercerita, ketika dirinya masih kecil, ibunya memasak makanan untuk keluarga.

Pada suatu malam, khususnya ketika ibunya membuat makan malam setelah seharian bekerja keras, sang Ibu meletakkan sepiring ‘subzi’ dan roti yang sangat gosong di depan Ayahnya.

“Saya sedang menunggu untuk melihat apakah ada yang memperhatikan roti gosong. Tapi Ayah baru saja makan rotinya dan bertanya padaku bagaimana hari-hariku di sekolah,” kisah Dr Abdul Kalam, dikutip dari thehansindia, Jumat (16/10/2020).

“Aku tidak ingat apa yang kukatakan padanya malam itu, tapi aku ingat aku mendengar Ibu meminta maaf kepada Ayah atas roti gosongnya. Dan aku tidak akan pernah melupakan apa yang dia katakan: “Sayang, aku suka roti gosong.”

Malamnya ketika hendak tidur, Dr Abdul Kalam pergi untuk mencium sang Ayah. Dia bertanya apakah ayahnya sungguh benar-benar menyukai roti buatan ibunya yang gosong.

“Dia memelukku dan berkata: “Ibumu menghabiskan hari yang berat di tempat kerja hari ini dan dia benar-benar lelah. Lagi pula, roti gosong tidak pernah menyakiti siapa pun kecuali kata-kata kasar!”

“Kamu tahu nak, hidup penuh dengan hal-hal yang tidak sempurna dan orang yang tidak sempurna. Saya bukan yang terbaik dan hampir tidak pandai dalam segala hal. Saya bahkan lupa hari ulang tahun dan hari istimewa seperti orang lain. Namun, apa yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun adalah menerima kesalahan satu sama lain dan memilih merayakan hubungan,” kata Dr Abdul Kalam, menceritakan apa yang ayahnya katakan padanya.

Terakhir, sang ayah memberi nasehat mutiara kepada Dr Abdul Kalam, bahwa hidup terlalu singkat untuk bangun dengan penyesalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here