Menuntut Ilmu Lewat TV, Bolehkah?

426
Ilustrasi: Menonton televisi.

Jakarta, Muslim Obsession – Islam mewajibkan muslim laki-laki dan perempuan untuk mencari ilmu. Seperti yang ditegaskan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam haditsnya, “Menuntut ilmu wajib bagi setiap Muslim.”

Lantas, bolehkah jika menuntut ilmu melalui sebuah buku atau melihat pengajian dari televisi atau radio? Mari kita simak penjelasan dari Buya Yahya mengenai hal ini.

Menurut Buya, thalabul ilmi atau menuntut ilmu yang sesungguhnya adalah duduk bersimpuh di depan guru yang sudah dipilih.

“Adapun belajar melalui tv, radio dan buku juga bisa disebut sebagai thalabul ilmi, akan tetapi pahala dan keutamaannya tidak sama dengan yang hadir di majelis dengan sang guru,” kata Buya Yahya, seperti dilansir dari buyayahya.org, Selasa (8/10/2019).

Buya Yahya melanjutkan, bahwa ada hal yang perlu diperhatikan dalam belajar melalui buku, tv dan radio yaitu seseorang harus tahu benar akhlaq dan sifat guru yang dilihat di tv atau didengar di radio atau dalam buku bacaan.

“Jangan asal memilih guru. Sebab ilmu harus diambil dari guru yang benar, agar iman, aqidah dan akhlaq anda selamat,” katanya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here