Menteri PUPR Puji Pembangunan UIII yang Masuk Tahap Akhir

83

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memuji PT PP (Persero) yang telah mampu melakukan kerja cepat atas pembangunan tahap II kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok yang memasuki tahap penyelesaian.

Melansir unggahan Instagram Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Jumat (17/9/2021) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan kampus yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

“Memuaskan. Teruskan. Diselesaikan tepat waktu. ‘PP’ hebat,” tulis Basuki dalam testimoninya.

Pembangunan tahap II UII meliputi gedung perpustakaan, masjid kampus, dan apartemen mahasiswi. Total anggarannya senilai Rp 375,7 miliar dengan lingkup pengerjaan terbagi dua. Pengerjaan gedung perpustakaan dan masjid kampus oleh PT PP (Persero) Tbk dengan anggaran senilai Rp 279,9 miliar.

Tak lupa, Basuki juga menekankan pentingnya memperhatikan aspek-aspek protokol kesehatan (prokes) dalam rancangan bangunan gedung.

Di antaranya terkait sirkulasi udara, pengaturan kapasitas maksimal ruangan, dan kemudahan dalam membersihkan ruangan.

Sementara apartemen mahasiswi digarap oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan alokasi anggaran senilai Rp. 120,7 miliar.

Pembangunan gedung perpustakaan pusat 8 lantai seluas 16.556 meter persegi dengan kapasitas 1.000 orang dan masjid kampus 2 lantai seluas 5.002 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah sudah mencapai 100 persen dan menyisakan finishing.

Kemudian, Basuki juga meninjau pembangunan apartemen mahasiswi Blok I seluas 12.615m2 yang terdiri dari 8 lantai dengan jumlah kamar 268 unit.

Perlu diketahui, kampus yang dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar ini dirancang sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Pembangunan Universitas UIII sekarang ini sudah dilaksanaan dalam dua tahapan. tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp 714 miliar. Sementara tahap II oleh Kementerian PUPR senilai Rp Rp 375,7 miliar.

Sedianya, Kementerian PUPR masih akan melanjutkan pembangunan UIII tahap III sesuai usulan dari Kementerian Agama RI. Namun, informasi terakhir pada Juli 2021 lalu masih dilakukan penyiapan lahan.

Adapun pembangunan tahap III nantinya meliputi gedung fakultas C seluas 14.590 meter persegi dengan kisaran kebutuhan biaya sebesar Rp 139,67 miliar.

Kemudian, perumahan dosen seluas 2.500 meter persegi dengan perkiraan kebutuhan biaya sebesar Rp 16,26 miliar. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here