Menteri Agama Kembali ke Nahdliyin, Berikut Profil Gus Yaqut

677
Gus Yaqut
Ketua Umum Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qaumas atau Gus Yaqut. (Foto; gusyaqut.id)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mencopot Menteri Agama Fachrul Razi. Jabatan itu kini digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas atau kerap disapa Gus Yaqut yang merupakan Ketua GP Ansor.

Dengan hadirnya Gus Yaqut, maka posisi menteri agama kini kembali lagi ditangan kaum Nahdliyin. Sebab, Gus Yaqut adalah salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Dia lahir di Rembang, Jawa Tengah pada tahun 1975.

Yaqut adalah putra dari ulama sekaligus pendiri Partai Kebangkitan Bangsa K.H Muhammad Cholil Bisri, dan kini menjabat sebagai Ketua GP Ansor.

Dikutip dari berbagai sumber, masa kecil Gus Yaqut dibesarkan di lingkungan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Kabupaten Rembang yang merupakan Pondok Pesantren ayahnya.

Dia mengenyam pendidikan formal dari SD hingga SMA di Kabupaten Rembang. Setelah lulus SMA, tahun 1994 Gus Yaqut pindah ke Jakarta untuk meneruskan di Universitas Indonesia.

Yaqut tercatat sebagai Anggota DPR dari Fraksi PKB. Selain itu dia juga menjabat sebagai Ketua Gerakan Pemuda Ansor. Dia juga pernah menjadi Wakil Bupati Rembang periode 2005 – 2010.

Selama berkiprah di GP Ansor, Yaqut kerap mengeluarkan kata-kata kontroversial. Dia diketahui memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan golongan agama garis keras.

Munculnya sosok Yaqut sebagai Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi juga memberikan menjadi simbol kembalinya Kementerian Agama ke tangan kaum Nahdliyin. Sebab, posisi Kemenag dari dulu selalu diisi oleh kalangan NU.

Seperti diketahui, selama menjabat sebagai Menag, Fachrul Razi kerap mendapat kritikan pedas dari banyak pihak baik dari NU maupun DPR.

Selain karena latar belakang Fachrul Razi yang berasal dari militer, juga karena dalam tradisi birokrasi Indonesia, sebagian besar Menag selalu berlatar belakang dari NU. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here