Menlu RI dan Menludag II Brunei Bahas Persiapan Kunjungan Sultan Brunei ke Indonesia

1206

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Luar Negeri dan Perdagangan II Brunei Darussalam, Dato Erywan Pehin Yusof, mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dikutip dari situs resmi Kemlu, Selasa (1/5/2018), kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Dato Erywan ke Indonesia setelah dilantik sebagai Menludag II Brunei Darussalam pada tanggal 30 Januari 2018.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri secara khusus membicarakan persiapan Kunjungan Kenegaraan Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah, ke Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Mei mendatang.

Selain itu, kedua Menteri juga mendiskusikan upaya penguatan hubungan dan kerja sama bilateral di berbagai bidang. Dalam kaitan tersebut, kedua Menteri sepakat untuk segera melaksanakan pertemuan ke-4 Joint Commission on Bilateral Cooperation (JCBC) sebagai forum mekanisme bilateral kedua Menlu untuk melakukan review dan merumuskan langkah-langkah dalam rangka penguatan implementasi kerja sama bilateral kedua negara.

Di bidang ketenagakerjaan, kedua Menteri sepakat untuk segera memfinalisasi pembentukan Nota Kesepahaman mengenai penempatan dan perlindungan tenaga kerja domestik Indonesia di Brunei.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, kedua negara sepakat untuk mengembangkan kerja sama ekonomi yang memfokuskan pada pengembangan kawasan Kalimantan melalui pembangunan konektivitas (darat, laut dan udara) yang terintegrasi serta penguatan kerja sama ekonomi sub-regional diantaranya melalui BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area).

Kedua negara juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama penanganan keamanan di kawasan, khususnya terkait dengan penanggulangan terorisme, radikalisme dan ekstrimisme termasuk foreign terrorist fighter sebagaimana disepakati pada Sub-Regional Meeting on Foreign Terrorist Fighters and Cross Border Terrorism (SRM FTF-CBT) di Manado tahun 2017. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here