Menko PMK Sebut Manajemen Talenta Penting untuk Ciptakan SDM Unggul

59

Banyumas, Muslim Obsession — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, setiap manusia pasti memiliki potensi atau talenta dalam dirinya.

Menurutnya, bermacam-macam talenta bisa dimiliki oleh seorang manusia. Saat ini talenta menjadi salah satu syarat dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Muhadjir mengatakan, talenta bisa diketahui sejak dini pada seseorang. Karena itu, menurutnya, pencarian talenta sejak dini menjadi hal utama untuk menciptakan SDM unggul. Hal itu disampaikan Menko PMK saat mengunjungi Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITP Purwokerto), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Jumat (28/5).

“Jadi misalnya kalau kita ingin unggul teknologi terutama teknologi digital ya harus kita cari, kita sisir anak yang punya talenta di bidang itu sejak dini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK juga menyaksikan hasil karya inovasi para mahasiswa ITP Purwokerto. Di antaranya alat pendeteksi kebakaran hutan, lampu penerang jalan nyala otomatis, dan lainnya.

Muhadjir menyebut, Institut Teknologi Telkom Purwokerto menjadi contoh baik dalam hal pencarian talenta dalam bidang teknologi dengan adanya jenjang pendidikan dari tingkat menengah sampai tinggi.

“Sangat bagus di ITP Purwokerto ini. Karena dalam rangka untuk penyisiran talent scouting itu dia dari bawah. Jadi dari SMP SMA bahkan ada kampus dan diplomanya. Ini bagus sekali kalau didesain dengan baik rekrutmennya dalam rangka talent scouting,” sebut Muhadjir.

Menurut Muhadjir, semangat ITP Purwokerto dalam pencarian bakat di bidang teknologi sejalan dengan rencana pemerintah untuk mewujudkan program Manajemen Talenta Nasional yang yang ingin dibangun pemerintah untuk mewadahi talenta anak bangsa.

Mantan Mendikbud itu menerangkan, saat ini pemerintah tengah menggodok Peraturan Presiden (Perpres) tentang Manajemen Talenta. Pemerintah ingin supaya bakat yang dimiliki anak-anak Indonesia dapat dikembangkan dengan baik dengan adanya program tersebut

“Karena itu Pak Presiden memerintahkan kepada kami untuk mendesain manajemen talenta. Jadi untuk merekrut dan membina talenta muda di semua sektor. Mulai dari sektor olahraga, penguasaan teknologi, termasuk apa yang telah dirintis para pimpinan yang ada di Telkom ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Muhadjir Effendy mengunjungi Gedung Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto untuk meletakkan batu pertama pembangunan gedung panti.

Selain itu, Muhadjir juga mengunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengisi Pidato Ilmiah dalam rangka Milad ke-56 UMP. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here