Menikmati Kesejukan Dataran Tinggi Thaif dengan Kereta Gantung

4201

Muslim Obsession – Arab Saudi terkenal dengan panoramanya yang sangat ekstrem. Sepanjang mata memandang hanya gurun tandus yang terlihat. Hamparan pasir luas juga menyelimuti beberapa kawasannya.

Kendati ada pepohonan yang menghiasi sabana, namun sedikit yang bertahan hidup. Pohon-pohon itu layu dengan dedaunan yang berselimut debu akibat diterpa cuaca panas.

Namun di balik hawa yang menyengat, Arab Saudi juga memiliki tempat yang sejuk nan sedap dipandang mata. Daerah tersebut bernama Thaif.

Thaif saat ini menjadi salah satu daerah pertanian terpenting di Arab Saudi. Lokasinya terletak sekitar 100 kilometer arah tenggara Kota Makkah.

Meski berjarak tak terlalu jauh, daerah itu memiliki iklim yang berbeda dengan Makkah. Hal ini karena Thaif berada di dataran yang berada di ketinggian sampai 1.500 meter di atas permukaan laut.

Butuh waktu sekitar tiga jam untuk menuju lokasi itu jika perjalanan dimulai dari Kota Jeddah. Perjalanan akan lebih singkat bila dimulai dari Makkah, yaitu sekitar satu jam lamanya.

Kota yang terletak di lembah Pegunungan Asir ini juga memiliki julukan ‘Qoryatul Muluk’ atau desa para raja. Disebut demikian karena di kota sejuk ini, terutama di daerah As-Safa, bertebaran vila-vila para amir dan konglomerat Arab Saudi.

Di beberapa sudut jalan kota Thaif, pengunjung dapat menghabiskan waktunya dalam suasana kekeluargaan yang diiringi acara makan-makan sambil menikmati kesejukan alam Thaif.

Layaknya puncak di Bogor, Jawa Barat, jalur menuju Thaif pun demikian. Kelokan demi kelokan serta jalan tanjakan mewarnai sepanjang perjalanan. Keindahan liukan jalan itu akan terlihat dari ketinggian yang membentuk seperti huruf S.

Di samping jalan itu, terhampar jurang-jurang cadas serta gunung-gunung yang dihiasi rerumputan di beberapa bagiannya hingga terlihat begitu menawan. Di tambah cuaca berkabut, membuat suasananya mirip di Indonesia.

Atmosfer ke-Indonesia-an semakin terasa saat mencapai puncak Thaif menggunakan kereta gantung.

Para jamaah umrah yang ingin merasakan naik kereta gantung di Thaif dapat memesanan tiketnya dengan cara online melalui www.tfamanasek.com atau bisa menghubungi no telepon TFA Manasek +622122785640.

TFA Manasek International merupakan perusahaan yang bergerak di bidang handling (mengurus dan mengatur) jamaah di Arab Saudi dari Indonesia ataupun negara-negara lainnya.

Bagi agen travel umrah yang telah bermitra dengan TFA Manasek International, jamaah nya akan dimanjakan dengan berkunjung ke kota Thaif dan mencoba fasilitas terbaru yakni menaiki kereta gantung di puncak Thaif.

 

Saksi Sejarah

Selain keindahan alam, Kota Thaif juga memiliki kenangan sejarah pahit bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Tepatnya pada saat awal dakwah Islam, ketika Nabi Saw. melakukan perjalanan ke Thaif untuk menemui Kabilah Tsaqif, penguasa Thaif, guna meminta pertolongan dan perlindungan.

Rasulullah mendatangi kota itu dengan maksud mendapatkan perlindungan bagi kaum Muslimin dari kekejaman kaum musyrikin Makkah.

Untuk terhindar dari pantauan kaum Quraisy, Rasulullah melakukan perjalan ke Thaif secara diam-diam dengan berjalan kaki. Di sana, ia bersama Zaid bin Haritsah tinggal selama sepuluh hari untuk berdakwah.

Namun alih-alih mendapat perlindungan, di tempat itu Rasulullah mendapatkan perlakuan buruk dari penduduk Thaif. Kaum Tsaqif melempari Rasulullah Saw. sehingga kakinya terluka.

Di tengah kesedihan itu, Rasulullah berdoa untuk menambahkan keimanan, keyakinan dan keridhaan atas apa yang dialaminya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here