Menhan Israel Mundur, Warga Gaza Sambut dengan Gembira

355
Warga Gaza Gembira Menhan Israel Mengundurkan Diri (Foto: Anadolu Agency)

Gaza, Muslim Obsession – Warga Gaza menyambut gembira atas pengunduran diri mendadak Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liberman satu hari setelah gencatan senjata antara faksi-faksi perlawanan Palestina dan Israel.

Puluhan warga Gaza berkumpul merayakan kemenangan itu di depan rumah Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh yang bertepatan di depan Kamp Pengungsi Al-Shatii.

Para warga membawa bendera Palestina dan mengangkat poster bertuliskan “Liberman telah pergi, Haniyeh tetap menjabat”, “Netanyahu jatuh, perlawanan (Palestina) masih berdiri.”

Beberapa demonstran membakar foto Liberman, sementara yang lain menunjukkan kegembiraannya dengan menari.

Seorang pejabat Hamas, Hammam Utsman, mengatakan dalam pidatonya Liberman mengancam akan membunuh Haniyeh, tapi Liberman turun sedangkan Haniyeh masih bertahan. Selain itu, Utsman juga berharap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Donald Trump turut mengundurkan diri seperti Liberman.

“Kelompok-kelompok perlawanan Gaza menang melawan Israel dalam ketegangan terakhir atas keberanian dan keterampilan militernya,”ujar Utsman seperti dikutip BBC, Jumat (16/11/2018).

Sekelompok warga Palestina di kota Rafah, selatan Jalur Gaza menganggap pengunduran diri Liberman sebagai sebuah kemenangan lantas mereka membagikan kue kepada orang-orang di jalanan.

Liberman mengumumkan mundur dari jabatannya pada sebuah konferensi pers usai melakukan pertemuan dengan anggota dewan partainya, Partai Beiteinu Yisrael.

“Gencatan senjata (antara kelompok-kelompok Palestina dan Israel) tak berarti apa-apa selain menyerah kepada para teroris,” kata Liberman.

Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan dalam pernyataan di Twitter, Pengunduran diri Liberman adalah kemenangan politik untuk Gaza yang sukses berdiri tegak dan menciptakan gempa politik terhadap para penjajah. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here