Menguat, Dukungan Gus Yahya Gantikan KH Aqil Siradj Pimpin PBNU

161
Rais Am PBNU, KH Miftahul Akhyar bersama Gus Yahya resmi meluncurkan buku bertajuk 'Perjuangan Besar Nahdlatul Ulama'. (Foto: detikcom)

Surabaya, Muslim Obsession – Duet KH. Miftahul Akhyar (Rais Am PBNU) atau akrab disapa Kiai Miftah dan Katib Aam Syuriah PBNU KH Yahya Staquf (Gus Yahya) diprediksi bakal memimpin PBNU.

Pasalnya, sejumlah kiai sepuh di Jawa Timur sudah memberi restu kepada mereka untuk maju dalam pemilihan ketua umum pada Muktamar NU ke-34 di Lampung pada Desember 2021.

Wakil Ketua PWNU Jatim Dr KH Fahrur Rozi (Gus Fahrur) mengatakan, restu para kiai sepuh kepada calon ketua umum Gus Yahya disampaikan dalam pertemuan di Ponpes Sidogiri, (Pasuruan), Ponpes Ploso, dan Lirboyo (Kediri).

BACA JUGA: Dukungan Habib Luthfi Jadi Rais Aam PBNU Terus Mengalir

“Ya, sudah direstui para sesepuh dalam pertemuan di Ponpes Sidogiri, Ploso, dan Lirboyo,” tulis Gus Fahrur saat dihubungi via WA, Jumat (1/10/2021), malam.

Menurut Gus Fahrur, semua sesepuh kiai ikut juga mendoakan agar Gus Yahya terpilih dan memimpin NU periode mendatang menggantikan KH Said Aqil Siradj.

Tidak hanya kiai sepuh di Sidogiri, Ploso, dan Lirboyo, hadir juga pengasuh Ponpes Langitan Tuban KH Ubaidillah Faqih.

BACA JUGA:Bursa Calon Ketum PBNU Mulai Bermunculan

Bahkan secara khusus, KH Nurul Guda Djazuli, tambah dia, membisikkan nasihat agar Gus Yahya mempertahankan tradisi pesantren tradisional Salafiyah dan mewarnai PBNU dengan alumni pesantren tradisional.

Para kiai sepuh menilai Gus Yahya mampu memimpin PBNU ke masa depan. Dikatakan, para kiai juga mendorong agar Kiai Miftah berkenan dicalonkan lagi menjadi Rais Am PBNU. (rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here