Mengoperasikan Fitur “Rahasia” WhatsApp yang Jarang Diketahui

95

Muslim Obsession – Saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan di dunia. Hanya saja, kendati memiliki banyak fitur, tapi para penggunanya sedikit yang mengetahui fungsi aplikasi ini secara maksimal.

Salah satu contohnya, saat malas menuliskan pesan, pengguna biasanya menggunakan pesan suara (voice note) karena dianggap lebih mudah.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya voice note dapat didengar sebelum dikirim, padahal fitur tersebut sudah diperkenalkan tahun ini.

BACA JUGA: Alasan Keamanan, Ini 8 Negara yang Memblokir WhatsApp

Nah, berikut ini adalah beberapa fitur di WhatsApp untuk mengirim pesan yang umumnya tidak diketahui para pengguna dan cara mengoperasikannya:

Mendengar Voice Note Sebelum Dikirim

Banyak yang menuntut agar pesan suara bisa ditinjau sebelum mengirimnya. Tahun ini WhatsApp telah memenuhi keinginan masyarakat.

Sekarang pengirim dapat mendengar pesan suara sebelum mengirimnya, sehingga bisa mengulang atau menghapusnya terlebih dahulu.

Bagaimana cara mendengar pesan suara WhatsApp sebelum mengirimnya?

Pertama, buka WhatsApp, kemudian buka kotak obrolan orang yang ingin dikirimi pesan suara, pegang mikrofon dan rekam pesan suara. Kemudian tekan tombol Home, lalu kembali ke kontak obrolan dan klik tombol Play untuk mendengarkan pesan suara.

Cara ini bisa digunakan bagi penggunan Android maupun iOS.

BACA JUGA: Keren! WhatsApp Akan Luncurkan Fitur Transkrip Pesan Suara

Custom Notifikasi

Suara notifikasi tiap kontak WhatsApp bisa kamu atur sesukanya. Ini bisa dilakukan pada perangkat Android dan iOS.

Untuk menggunakannya, pengguna Android bisa menekan Menu dan pilih View Contact dan lanjutkan ke Custom Notifications. Berikutnya centang bagian kontak dan selesaikan pengaturan.

Sementara kamu pengguna iPhone bisa menekan nama konyak dan pilih Custom Tone.

Disappearing Messages

Fitur ini membuat kamu bisa mengirimkan pesan yang secara otomatis akan hilang setelah beberapa waktu kemudian. Kamu bisa mengaktifkannya dengan membuka kontak yang ingin dihubungi lalu klik bagian namanya di bagian atas setelahnya tekan Disappearing Messages dan pilih ‘on’.

Sebagai catatan, fitur ini akan menghilangkan seluruh pesan setelah diaktifkan. Namun gambar yang terkirim akan tersimpan langsung ke perangkat pengirim dan penerima secara otomatis.

BACA JUGA: Daftar Ponsel Android yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp Mulai 1 November 2021

Detail Pesan

WhatsApp juga menyajikan fitur detail pesan. Dimana kamu bisa melihat status pesan yang kamu kirimkan apakah sudah dibaca atau belum.

Pada iPhone, untuk melihat detail pesan dengan menggeser kiri ke pesan yang dikirim. Untuk Android dapat melihatnya dengan menekan pesan dan muncul tombol menu berikutnya Info.

Export Chat

Kamu bisa menyimpan chat dengan menggunakan fitur ini. Pada Android caranya adalah tekan tombol menu dan pilih More serta masuk ke menu Export Chat.

Pada iPhone, tekan nama konyak dan berikutnya scrolling layar ke bawah. Setelah menemukan Contact Info pilih Export Chat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here