Mengenang Carlos Menem, Eks Presiden Argentina yang Dimakamkan di Pemakaman Islam

341

Muslim Obsession – Mantan Presiden Argentina Carlos Saul Menem dimakamkan pada 14 Februari 2021 di sebuah pemakaman Islam di provinsi Buenos Aires.

“Dia akan beristirahat di pemakaman Islam bersama saudara laki-laki saya, meskipun dia menganut agama Katolik. Tapi dia akan bersama saudara laki-laki saya,” kata Zulemita, putri Menem, seperti dilansir Anadolu.

Menem lahir pada tanggal 2 Juli 1930, dari orangtua imigran Suriah dan dibesarkan sebagai seorang Muslim sebelum pindah ke Katolik Roma untuk menjalani karier politik.

Dia dimakamkan di samping putranya Carlos Menem Jr., yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada tahun 1995.

Baca Juga: Dikenal Nyeleneh, Ternyata Kakek Boris Johnson Seorang Jurnalis Muslim di Ottoman

Presiden Fernandez dan Ibu Negara Fabiola Yanez memberikan penghormatan. Fernandez juga menyampaikan belasungkawa kepada mantan istri Menem Zulema dan putrinya Zulemita.

Keluarga Menem juga mengadakan upacara kecil dan hangat. Pada hari pemakaman, saat jenazah meninggalkan Kongres, prosesi pemakaman dimulai sekitar pukul 15.30. dengan teriakan dari pendukungnya “Menem! Menem!”

Di tengah pengamanan yang ketat, sekelompok orang berkumpul di luar pemakaman Islam San Justo di lingkungan La Matanza.

Sebuah upacara pribadi diadakan hanya dengan dihadiri oleh teman dekat dan anggota keluarga Menem. Tidak hanya itu, laporan media lokal mengatakan ada pembacaan dari Al-Quran dan pembacaan doa Muslim. Setelah pemakaman, lagu Frank Sinatra ‘My Way’ juga dimainkan.

Baca Juga: Ini Alasan Steve Jobs Tidak Dekat dengan Ayah Kandung Muslim Asal Suriah

Menem, seorang tokoh kontroversial dalam politik Argentina yang dipuja oleh pendukungnya dan dibenci oleh para pengkritiknya, telah mengalami penurunan kesehatan selama tahun 2020, dirawat di rumah sakit beberapa kali.

Dia memerintah Argentina dari 1989-1999 dan menjadi senator provinsi La Rioja pada saat kematiannya.

Profil Carlos Menem

Carlos Saúl Menem meninggal dunia pada umur 90 tahun. Ia adalah Presiden Argentina dari 8 Juli 1989 sampai 10 Desember 1999 untuk Partai Justisialis (Peronis).

Ia lahir dalam keluarga Muslim Saúl Menem dan Mohibe Akil, seorang imigran Suriah di kota kecil Anillaco, di provinsi La Rioja.

Dia belajar untuk menjadi pengacara di Universitas Córdoba dan menjadi pendukung Juan Perón. Menem berkampanye untuk tahanan politik dan ditahan pada 1957 karena mendukung aksi kekerasan melawan kediktatoran Aramburu.

Meskipun ia masuk Katolik, ikatannya dengan tanah air orangtuanya tetap kuat. Pada 1964 ia pergi ke Suriah dan di sana ia bertemu dengan Zulema Fátima Yoma, seorang keturunan Suriah-Argentina. Keduanya menikah pada 1966. Menem juga menjadi presiden untuk Asosiasi keturunan Suriah-Lebanon di La Rioja.

Menem menceraikan Zulema Yoma pada 1991. Anaknya yang bernama Zulema María Eva Menem menjalankan peran sebagai Ibu Negara pada acara-acara resmi untuk sisa masa jabatan kepresidenan ayahnya.

Pada 1995, anaknya, Carlos Saúl Facundo Menem Yoma meninggal dalam kecelakaan helikopter. Meskipun kejadian ini dinyatakan sebagai kecelakaan, banyak orang percaya bahwa ini adalah pembunuhan politik. Pada Mei 2001, Menem menikahi model asal Chili bernama Cecilia Bolocco (Miss Universe 1987) yang lebih muda 35 tahun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here