Mengenal Salma Lakhani, Wakil Gubernur Muslim Pertama di Kanada

118

Jakarta, Muslim Obsession – Baru kali ini dalam sejarah di negara Kanada, Amerika Utara ada seorang wakil gubernur yang beragama Islam. Dia adalah Salma Lakhani. Wanita kelahiran Uganda ini baru saja dilantik sebagai Wakil Gubernur Provinsi Alberta, Kanada.

Salma diketahui sudah sejak lama hidup di Kanada. Ia menekuni kariernya sebagai seorang advokat. Ia kerap terlibat dengan komunitas yang fokus pada isu-isu penting seperti pendidikan, kesehatan, imigrasi, dan hak asasi manusia.

Hal ini yang membuat ia semakin dikenal oleh masyarakat bawah, karena kepeduliannya terhadap persoalan masyarakat kecil. Ia kemudian mulai terjun ke dunia politik dan akhirnya terpilih sebagai wakil gubernur.

Menurut pernyataan Kantor Perdana Menteri Kanada, Ottawa Citizen, Salma akan menjadi orang ke-19 yang mengambil posisi wakil gubernur sejak Provinsi Alberta didirikan pada 1905.

Dia akan menggantikan Lois Mitchell, yang ditunjuk oleh mantan Gubernur Jenderal David Johnston pada 2015.

“Lakhani mengabdi untuk mendukung orang-orang di komunitasnya, mulai dari imigran baru dan kaum muda, hingga wanita dan keluarga mereka,” kata Perdana Menteri Justin Trudeau, dalam sebuah pernyataannya.

“Sebagai wakil gubernur Alberta, saya tahu dia akan melayani masyarakat di provinsinya dan negara kita dengan baik, dan terus menjadi sumber inspirasi bagi semua warga Kanada,” tambahnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, Salma tercatat mendukung berbagai organisasi nirlaba dan hak asasi manusia, termasuk Aga Khan Foundation Canada, Kids Kottage, the Lois Hole Hospital for Women, dan Sorrentino”s Compassion House.

Ia juga menjabat sebagai direktur dewan untuk the John Humphrey Centre for Peace and Human Rights (Pusat Perdamaian dan HAM John Humphrey) selama satu dekade.

Salma memenangkan Medali Alberta Centennial pada 2005 dan Medali Queen Elizabeth II Diamond Jubilee pada 2012, untuk usahanya di komunitas.

Ia pun berperan sebagai mentor di bawah program Youth in Transition di NorQuest College, yang membantu siswa yang tidak berbahasa Inggris memasuki studi pasca-sekolah menengah.

Salma juga menerima gelar kehormatan dalam Biokimia Klinis di University of Manchester. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here