Mengenal Perbedaan Susu UHT dengan Susu Full Cream

77

Jakarta, Muslim Obsession – Mungkin masih banyak yang belum paham perbedaan susu UHT dan susu full cream. Singkatnya, susu UHT adalah jenis susu yang dibedakan dari proses pengolahannya, sedangkan susu full cream adalah jenis susu yang dibedakan dari kandungan lemaknya.

Sebenarnya, susu UHT dan susu full cream tidak dapat dibedakan begitu saja karena istilah kedua susu tersebut tidak merujuk pada satu golongan susu yang sama. Semua jenis susu bisa saja menjadi susu UHT, termasuk susu full cream. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Dilansir Alodokter, Susu UHT (ultra-high temperature) adalah semua jenis susu yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi, yakni sekitar 135 derajat Celsius selama 1–2 detik. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada susu, sehingga susu aman dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Sementara susu full cream adalah susu yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan. Oleh sebab itu, susu full cream masih mengandung kadar lemak yang tinggi, yakni sekitar 8 gram per gelasnya. Karena kadar lemaknya yang tinggi, susu ini memiliki rasa yang gurih dan legit.

Sebenarnya, susu jenis apa pun memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, hingga zat besi. Namun, jumlah masing-masing nutrisinya mungkin sedikit berbeda pada setiap jenis susu.

Manfaat Kalsium dalam Susu bagi Anak
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, susu adalah salah satu sumber kalsium yang baik. Tidak hanya untuk orang dewasa, kalsium juga memiliki banyak manfaat bagi anak.

Konsumsi kalsium harian yang disarankan untuk anak-anak berumur 1–6 tahun adalah 500 mg/hari dan anak-anak berumur 7–9 tahun adalah 600 mg/hari. Dalam segelas susu UHT full cream umumnya sudah terkandung 35% dari kebutuhan harian kalsium anak. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here