Mengenal NEOM Tepi Laut Merah, Tempat Peristirahatan Raja Salman

81

Jakarta, Muslim Obsession – Pasca operasi kandung empedu, penguasa Arab Saudi Raja Salman kini dikabarkan tengah melakukan pemulihan dengan beristirahat di megacity NEOM tepi Laut Merah, Rabu (12/8/2020).

Sebelumnya sempat muncul spekulasi mengenai kondisi kesehatan Raja Salman yang disebut memburuk. Namun menepis kabar itu. Pria yang memimpin Arab Saudi sejak 2015 dalam kondisi baik meski usianya sudah 83 tahun.

“Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman tiba di NEOM, di mana dia akan menghabiskan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri,” kata seroang pejabat, seperti dikutip dari Saudi Press Agency, Kamis (13/8/2020).

Stasiun televisi pemerintah menunjukkan gambar Raja Salman berdiri di eskalator untuk turun dari pesawat lalu menuju mobil yang membawanya ke lokasi yang tampaknya istana kerajaan di NEOM.

Kota NEOM merupakan calon kota futuristik yang digagas Putra Mahkota Pangeran MbS sebagai bagian dari Saudi Vision 2030. Pangeran MbS mengumumkan pembangunan Kota NEOM dalam acara investasi internasional di Arab Saudi pada 2017.

Saat ini, bandara di Kota NEOM yang telah didarati berbagai ukuran pesawat bernama NEOM Bay Airport. Kota ini akan dipenuhi fasilitas canggih kecerdasan buatan (AI) dan diklaim akan menjadi kota ternyaman untuk ditinggali.

Selain itu, Kota NEOM akan memiliki kehidupan sosial yang berbeda dengan Arab Saudi pada umumnya. Misalnya, untuk memasuki kota ini diperlukan visa tersendiri dan diperbolehkan memakai bikini di pantai.

NEOM merupakan singkatan dari Neo-Mustaqbal. Neo diambil dari kata ‘New’ yang berarti baru. Sedangkan ‘mustaqbal’ diambil dari bahasa Arab yang berarti ‘masa depan’. NEOM adalah megaproyek ‘Masa Depan Baru’ Arab Saudi. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here