Mengenal Masjid Raya Xian, Simbol Peradaban Islam Pertama di China

177

Xian, Muslim Obsession – China memang salah satu negara yang memiliki peradaban sangat tua. Sejak dulu China sudah mengenal agama dan kepercayaan. Bahkan Islam sudah begitu lama ada di negeri Tira Bambu tersebut.

Jejak Islam di China bisa terlihat dengan banyaknya bangunan Islam. Seperti halnya Masjid Raya Xian. Masjid yang dibangun di China ini sudah berumur 1.300 tahun! Masjid Raya Xian di Provinsi Shaanxi ini bukan hanya sebagai masjid kuno, tapi juga sebagai masjid terbesar di China.

Dirangkum dari berbagai sumber, konon masjid yang berada di kawasan Muslim Quarter itu dibangun tahun 742 sebelum Masehi atau pada Zaman Dinasti Tang (618-907).

Kala itu, agama Islam memang baru saja diperkenalkan ke daratan China lewat para pedagang Arab dan pejalan dari Persia dan Afghanistan. Nyatanya, tak sedikit yang menetap dan menikahi wanita bangsa Han.

Proses akulturasi itu pun melahirkan orang China keturunan Islam atau yang dikenal dengan suku Hui kini di Xian. Seperti diketahui, agama Islam memang berkembang cukup pesat di Xian.

Masjid Raya Xian itu merupakan simpol peradaban Islam pertama di China.
Bangunan ini menjadi peninggalan Islam UNESCO dan objek wisata itu memiliki luas 13 ribu meter persegi, dengan bangunan utama seluas 6 ribu meter persegi.

Yang menarik, masjid ini memiliki tampilan seperti kelenteng dengan beberapa pagoda sebagai menara masjid.

Bangunan utama terdapat di bagian tengah area masjid, yang terbagi menjadi dua bagian dan mampu menampung ratusan jamaah yang mau beribadah di sana.

Di sekitar dinding masjid banyak juga kaligrafi yang begitu menawan. Sementara itu, di bagian luar bangunan utama ada gerbang serta taman dengan bunga dan pepohonan rimbun.

Selain itu, ada pula beberapa bangunan yang digunakan untuk menyimpan benda peninggalan Dinasti Ming. Mulai dari kursi hingga barang pecah belah seperti piring dan guci. Usai melaksanakan salat, wisatawan pun bisa melihat-lihat sekeliling area masjid yang unik sekaligus menawan itu.

Masjid Raya Xian ini memang terbuka untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi turis non Muslim juga boleh berkunjung, tapi tak boleh sampai ke bangunan utama atau tempat shalat. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here