Mengapa Penguasa Adil Itu Beroleh Surga?

252

Oleh: Ustadz Felix Siauw (Pengemban Dakwah)

Pandemi covid-19 yang kita rasakan sekarang ini adalah bagian dari takdir yang Allah berikan, artinya yang terkena wabah ini takkan dimintai pertanggungan oleh Allah.

Tapi, respons kita atas wabah ini, bisa kita pilih, karena itu akan ditanya oleh Allah, sudah maksimalkah kita semua. Dan beda antara individu, masyarakat dan negara.

Sebagai individu, yang bisa kita lakukan adalah ikut anjuran ahli di bidang ini, untuk #dirumahaja, #jagajarak, menerap pola hidup sehat, dan segala halnya.

Sebagai bagian masyarakat, kita menggerakkan semangat kebersamaan untuk membantu meringankan beban ummat, seperti yang diarahkan para asatidz @bbn.indonesia @bbn.id dengan program #BBNagainstcovid10

Dan tentu saja, tanggung jawab paling besar, secara logika dan juga secara Islam, terletak di negara, atau pemerintah yang berkuasa, yang bisa berbuat secara masif dan luas.

Karena penguasa, memang diangkat untuk bisa menjamin keadilan dan kebaikan bagi rakyatnya, sebagaimana Khalifah Umar dulu memastikan mereka yang terkena wabah di Syam, tetap terurus dan mendapatkan pelayanan terbaik.

Dan apa yang akan dipilih oleh penguasa, akan menentukan, sampai kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir. Karena semakin lama, semakin rakyat tersiksa.

Kita sudah tahu, virus tak bisa menularkan, manusia yang menularkan. Maka secara mudahnya, membatasi penyebaran virus, adalah membatasi penyebaran manusia.

Apapun caranya, adalah tugas penguasa memastikan rakyatnya bisa makan, ketika pembatasan itu dilakukan, bukan malah makin membebani dengan darurat sipil.

Karena tugas penguasa, bukan melindungi kekuasaan, tapi melindungi rakyat, bukan memerangi rakyat, tapi memerangi wabah covid-19 ini, bersama-sama rakyatnya.

Menarik saat melihat posting @ilunimathui tentang simulasi kapan berakhirnya pandemi covid-19 ini di Indonesia. Yang kesemuanya, tergantung penguasa kita, maukah menjalankan opsi sebaik-baiknya.

Mungkin ekonomi bisa jadi mati, tapi ekonomi bisa hidup lagi. Tapi bila manusia yang mati, siapa bisa hidupkan lagi?

Dan sekarang kita tahu, mengapa penguasa yang adil itu pasti mendapatkan surga? Karena kebaikannya buat rakyat banyak.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here