Mengapa Kalender 1895 Sama Persis dengan 2019? Simak Penjelasannya!

339
Kalender 2019 sama dengan 1895

Muslim Obsession – Belakangan ini dunia maya ramai soal kesamaan kalender 2019 dengan kalender 1895.

Misalnya, 1 Januari 2019 dan 1 Januari 1895 ternyata sama–sama bertepatan dengan hari Selasa. Kesamaan ini kemudian memantik pertanyaan, bagaimana semua itu bisa terjadi?

Terdapat beraneka ragam kalender yang semuanya mengacu pada pergerakan benda–benda langit. Ada yang hanya mengacu ke Matahari, yang dikenal sebagai kalender Matahari (solar). Ada pula yang hanya mengacu ke Bulan, membuatnya dinamakan kalender Bulan (lunar).

Sebaliknya ada pula yang mengacu pada Matahari dan Bulan sekaligus, yang disebut kalender lunisolar. Bahkan ada juga yang mengacu pada Matahari dan Zahara (Venus), misalnya kalender suku Maya.

Dijelaskan oleh Muh. Ma’rufin Sudibyo, Pengurus Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, kalender Masehi merupakan kalender terpopuler pada masa kini. Meski berakar sebagai kalender religi (yakni kalender Nasrani), namun dalam kurun satu seperempat abad terakhir terdapat upaya–upaya menjadikannya kalender sekuler.

Di Eropa terdapat titimangsa CE (Common Era), yang ditransliterasikan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai TU (Tarikh Umum) menggantikan istilah M (Masehi).

Ini adalah substitusi bagi kosakata titimangsa AD (Anno Domini) yang dianggap kurang pas mengingat Nabi Isa AS lahir sebelum tahun 1. Titimangsa CE adalah tahun 1, 2 , 3 dan seterusnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here