Mengapa Ada Orang Shalat Tapi Suka Berbohong?

2481
shalat
Ilustrasi Shalat Berjamaah (Photo: The Conversation)

Oleh: Dr. Iswandi Syahputra (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)

Ini pertanyaan saat saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Alam berpikir saya saat itu masih belum bisa menerima ada orang shalat tapi suka berbohong. Mengapa ini bisa terjadi?

Perjalanan religiusitas kemudian membawa saya pada seorang ahli spiritual. Dari beliaulah saya menemukan jawaban yang sejak lama saya pendam. Penjelasannya tentang sholat sangat logis, tapi hati-hati karena berbahaya pada bagian akhir.

Shalat, seperti artefak kebudayaan, merupakan sebuah perjalanan spiritual seseorang. Jika ada orang yang mengerjakan sholat tapi masih berbuat maksiat, itu menunjukkan perjalanan spiritualitasnya baru sampai pada level aqimus sholah, dirikanlah shalat. Belum sampai pada level inna sholata tanha ‘anil fasyaki wal munkar, sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar.

Kita boleh berbeda pemahaman dan penafsiran, tapi saya meyakini kebenaran penjelasan guru spiritual saya untuk menjawab  mengapa ada orang shalat tapi suka berbohong?

Jadi, terkait sholat dan orangnya itu ada levelnya. Setiap level akan berbeda, tapi secara eskalatif menuju ke arah ma’rifatullah, level tertinggi sebagai bentuk manunggaling kawula Gusti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here