Mengangkat Tangan Saat Berdoa Cepat Dikabulkan? Ini Penjelasannya

2709
Doa

Muslim Obsession – Setiap orang yang mengharapkan hajatnya terpenuhi dianjurkan agar ia memohonnya kepada Allah Suhanahu Wata’ala.

Namun, tak banyak orang tahu bahwa dengan mengangkat tangan doanya akan cepat dikabulkan.

“Haditsnya banyak,” ujar Usatdz Adi Hidayat dalam sebuah tayangan video.

Beberapa di antaranya adalah hadits yang menerangkan bahwa Allah itu Maha Pemalu dan Maha Mulia. Sehingga Dia akan merasa malu jika meninggalkan hamba-Nya yang mengangkat tangan saat berdoa tetapi tidak dikabulkan-Nya.

“Maksudnya, orang yang mengangkat tangannya (ketika berdoa) akan lebih cepat dikabulkan dibandingkan (orang) yang diam,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Ustadz Adi, tidak semua orang yang mengangkat tangan dikabulkan doanya. Karena ada sebuah riwayat dalam hadits ketika seseorang mengangkat tangannya namun tidak dikabulkan Allah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menceritakan seseorang yang menempuh perjalanan jauh dalam keadaan kusut dan penuh debu, lalu dia mengangkat kedua tangannya ke langit seraya mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!” Padahal makanannya itu haram, pakaiannya haram, dan dia dikenyangkan dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya bisa dikabulkan? (HR. Muslim no. 1015).

“Perangkat hidupnya haram. Jadi yang haram-haram itu bisa menghambat doa,” kata Ustadz Adi. (Fath)

Simak video berikut ini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here