Menelusuri Bangunan di Sekitar Komplek Masjid Al-Aqsha

344
Kawasan Komplek Al-Aqsha.

Muslim Obsession – Konflik yang terjadi di Palestina tak hanya mengundang simpatik umat Islam di Tanah Air untuk berdonasi membantu rakyat yang ditindas zionis Israel. Banyak Muslim di Tanah Air juga rupanya ramai menggali pengetahuan seputar Masjid Al-Aqsha sebagai salah satu tempat suci umat Islam.

Al-Aqsa sendiri sejatinya merupakan sebuah kompleks, bukan sebuah bangunan. Untuk masuk ke dalam kompleks Al-Aqsha terdapat 15 pintu masuk yang 5 di antaranya sudah tertutup dinding sejak era Shalahuddin Al-Ayyubi.

Nama 15 pintu tersebut adalah pintu Al-Asbat, Pintu Hizzah, Pintu Al-Atam, Pintu Al-Gawanimah, Pintu An-Nazir, Pintu Al-Hadid, Pintu Al-Qatanin, Pintu Al-Mitharah, Pintu As-Silsilah, Pintu Al-Magharibah, Pintu Al-Janaiz, Pintu Ar-Rahmah dan At-Taubah, Pintu ats-Tsulatsi, Pintu Al-Muzdawih, dan Pintu Al-Munfarid.

Sementara pintu-pintu yang telah ditutup adalah Pintu Al-Janaiz, Pintu Ar-Rahmah dan At-Taubah, Pintu Ats-Tsulatsi, Pintu Al-Muzdawih, dan Pintu Al-Munfarid.

Tak hanya bangunan masjid, di dalam komplek Al-Aqsha juga terdapat rumah-rumah penduduk, sekolah, kawasan perbelanjaan, dan fasilitas lainnya layaknya di sebuah kota. Ya, Kawasan ini memang disebut sebagai Kota Tua Al-Quds. Terdapat 9 pintu masuk untuk memasuki kota Al-Aqsha yang dikelilingi tembok banteng ini.

Berbentuk persegi panjang tidak sama sisi, Al-Aqsha memiliki luas 14,4 hektar. Di sisi selatan, area ini memiliki panjang sekitar 281 meter, sementara sisi utaranya 310 meter, dan panjang sisi barat adalah 491 meter.

Semua yang ada di dalam dinding itu disebut sebagai Komplek Al-Aqsha atau Komplek Masjid Al-Aqsha, termasuk 7 masjid dan mushalla serta beragam fasilitas lainnya. Hal ini merujuk pada pernyataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang mengatakan “Al-Aqsha adalah nama untuk semua masjid yang ada di dalam dinding”.

Berikut ini nama-nama dan penjelasan ketujuh masjid dan mushalla yang berada di dalam komplek Al-Aqsha:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here