Mendagri Inggris Janji Berikan Perlindungan Bagi Muslim

373
Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid (Foto: Kompas)

Inggris, Muslim Obsession – Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid berjanji memberikan perlindungan yang layak terhadap komunitas Muslim. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap seruan untuk memberikan perlindungan terhadap masjid setelah pembantaian Christchurch dan serangan selanjutnya terhadap masjid di Birmingham.

“Sebagai Menteri Dalam Negeri, saya sudah jelas, ekstremisme sayap kanan dan kelompok ekstrem lainnya tidak punya tempat di Inggris. Pemerintah menangani masalah ini dengan sangat serius dan secara rutin dibahas oleh para menteri,” kata Sajid Javid seperti dikutip Tell Mama, Kamis (4/4/2019).

Javid mengatakan bahwa dirinya memahami adanya kekhawatiran yang meningkat di antara komunitas Muslim Inggris. Itulah sebabnya, pemerintah perlu berbuat lebih banyak setelah pembantaian Christchurch dengan mengambil tindakan segera, misalnya terkait pendanaan tempat ibadah.

Dia menambahkan pihaknya ingin bekerja dengan para pemimpin komunitas Muslim dan orang lain untuk mendengarkan mereka tentang apa yang perlu dilakukan.

“Saya pikir semua (anggota parlemen) di DPR ini adalah bersatu untuk memastikan bahwa komunitas Muslim kami di Inggris akan mendapatkan perlindungan yang layak dan tidak ada yang merasa terintimidasi dengan cara apa pun,” katanya.

Komentarnya itu disampaikan setelah Diane Abbott menyampaikan keprihatinan besar dalam komunitas Muslim setelah pembantaian di Selandia Baru. Dia mendesak Javid untuk mempertimbangkan membantu pusat komunitas Muslim dengan pendanaan untuk keamanan yang diperlukan.

Menyusul serangan Christchurch, sekitar 400 cendekiawan Muslim, akademisi, dan tokoh masyarakat dari seluruh dunia menandatangani surat terbuka menyerukan diakhirinya Islamofobia. Para pemimpin komunitas Muslim Inggris juga telah meminta pemerintah untuk menyediakan dana untuk keamanan masjid.

“Ada keprihatinan besar dalam komunitas Muslim setelah pembantaian Christchurch di Selandia Baru dan serangan berikutnya terhadap masjid di Birmingham. Apakah ia mampu memberikan jaminan tentang akses ke pendanaan untuk keamanan masjid dan tempat ibadah lainnya di cara yang sama seperti dana tersedia untuk CST (Community Security Trust) untuk keamanan rumah ibadah,” kata Abbott.

Menurutnya, banyak pusat komunitas Muslim seperti pusat komunitas Muslim London Utara yang bersebelahan dengan masjid. Kompleks bangunan itu disebut sangan terancam.

“Apakah pemerintah siap mempertimbangkan untuk membantu mereka dengan dana untuk keamanan yang diperlukan?” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here