Menag: Radikalisme Sudah Menyebar di Jajaran ASN

306
Jenderal (Purn) Fachrul Razi akui Misi Kemenag sama denga para Kiai NU dan Muhammadiyah. Foto: Kemenag.
Menag Fachrul Razi (Foto: Kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan, paham radikalisme sudah menyebar kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia bahkan mengaku punya pengalaman sendiri soal adanya paham radikalisme di pemerintahan.

Salah satunya saat menghadiri upacara di salah satu BUMN. Ia melihat ada pejabat BUMN yang tidak melakukan hormat saat pengibaran bendera dan lagu Indonesia Raya. Atas sikap tersebut purnawirawan jenderal TNI ini langsung menegur keras pejabat BUMN tersebut usai upacara.

“Selesai gitu saya tanya, saya sebut namanya, Alfan apakah kamu sakit? Siap tidak, Pak. Kamu sakit! Kalau kamu tidak sakit pasti kamu hormat kepada Indonesia Raya, karena kamu pegawai negeri dan kamu adalah abdi negara. Kalau kamu tidak hormat, keluar kamu!” kata Mantan Wakil Panglima TNI ini.

Tak hanya itu Fachrul juga mengkritik pakaian yang digunakan para ASN, seperti celana cingkrang.

”Kemudian masalah celana cingkrang itu tidak bisa dilarang dari aspek agama, karena memang agama pun tidak melarang. Tapi dari aturan pegawai bisa, misal di tempat ditegur celana kok tinggi gitu? Kamu enggak lihat aturan negara gimana? Kalau enggak bisa ikuti, keluar kamu,” jelasnya.

Atas dasar itu ia menegaskan kembali semua aparatur negara dari pejabat hingga jajaran di bawah harus mempunyai sikap yang sama.

“Jadi sikap kita harus sama. Jangan nanti misalkan saya marahin, di tempat lain deg-degan dan ketawa-ketawa. Nggak! Jangan! Kalau Anda tidak bisa menghormati Indonesia percuma negara membayar Anda. Keluar!” katanya.

Sebelumnya Fachrul juga menyinggung soal masalah busana di instansi pemerintahan. ia melarang penggunaan cadar bagi ASN. Pelarangan itu bakal dikaji dan diterapkan dalam peraturan menteri agama. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here