Menag Minta Masyarakat Tetap Hormati Perempuan Bercadar

36
Menag Lukman Hakim Syaifuddin (Foto: TimesIndonesia)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin meminta seluruh masyarakat agar tetap menghormati perempuan yang mengenakan cadar, karena, menurutnya penggunaan cadar merupakan bagian dari pemahaman keagamaan yang diyakini mereka.

“Jadi oleh karenanya, saudara-saudara kita yang bercadar kita hargai dan hormati dia. Karena itu adalah haknya, untuk melaksanakan bagaimana pengamalan pemahaman agama yang dimilikinya,” ujarnya, Selasa (15/5/2018).

Menag memahami adanya kekhawatiran, keresahan bahkan kecurigaan terhadap perempuan yang menggunakan cadar, karena beberapa waktu lalu terjadi aksi teror yang menewaskan 28 orang, sehingga hal ini membuat stigma negatif terhadap perempuan yang mengenakan cadar.

Menurut Menag, hal ini harus dijawab langsung oleh masyarakat pengguna cadar bahwa keberadaannya memberikan rasa aman kepada lingkungannya. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa keberadaan masyarakat pengguna cadar sama sekali bukanlah ancaman bagi masyarakat.

“Oleh karenanya, harus lebih kooperatif harus lebih terbuka, harus lebih bisa membaur dengan lingkungannya sehingga semua kita merasa aman meskipun ada sesama kita yang menggunakan cadar,” katanya.

“Jadi penggunaan cadar bukanlah alasan bagi kita untuk merasa risau, galau, curiga, dan khawatir,” tambahnya. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here