Menag Lakukan Sidak di Asrama Haji Embarkasi Palembang

248
Menag mengamati monitor xray koper jamaah calon haji embarkasi Palembang, Kamis (11/07).
Menag mengamati monitor xray koper jamaah calon haji embarkasi Palembang, Kamis (11/07).

Palembang, Muslim Obsession – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tinjau Asrama Haji Embarkasi Palembang. Sidak ini dilakukan untuk melihat pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang.

Lokasi pertama yang dikunjungi Menteri Agama adalah ruang Media Center Haji Embarkasi Palembang. Ruang media center yang dilengkapi studio mini untuk talkshow tersebut mendapat pujian dari Menteri Agama.

“Wah, ini bagus ini. Ini ide kreatif. Ini siarannnya sampai ke mana?” kata Lukman, dilansir dari Kemenag, Kamis (11/07).

Kasi Informasi dan Humas Kanwil Sumsel Saifuddin, langsung menjawab pertanyaan dari Menag, bahwa disiarkan melalui chanel media sosial Kanwil.

Dari Media Center Haji, Menag lalu melihat ruang penerimaan kedatangan jamaah haji. Menag menanyakan alur proses penyambutan dan pelayanan jemaah.

“Seluruh proses administrasi dan pemeriksaan, mulai dari penerimaan sampai pemeriksaan kesehatan seluruhnya dilakukan di gedung Aula Penerimaan. Untuk satu kloter kita sudah punya standar waktunya tidak boleh lebih dari 2,5 jam,” kata salah satu anggota PPIH Armed Dachil.

Menteri Agama selanjutnya melihat ruang pemeriksaan kesehatan dan ruang rekam biometrik. Ruang rekam biometrik sendiri sengaja disediakan untuk jamaah asal Bangka Belitung yang memang belum melakukan rekam biometrik.

Dari ruang rekam biometrik, Menteri Agama lalu menuju ruang penimbangan koper bagasi. Di tempat ini, Menag Lukman sempat menanyakan berapa lama proses penimbangan koper bagasi dan berapa banyak kendaraan yang dibutuhkan untuk mengangkut koper-koper tersebut ke bandara.

“Prosesnya butuh dua sampai tiga jam Pak. Untuk kendaraan, koper-koper ini diangkut dengan dua buah truk,” jawab petugas bagian barang.

Usai melihat ruang penimbangan koper bagasi, Menteri Lukman pamit ke bandara karena akan segera terbang ke Yogyakarta.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi mengatakan, kunjungan Menag membuat panitia Embarkasi Palembang makin semangat dan termotivasi untuk terus meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pelayanan terhadap jamaah haji.

“Kedatangan menteri seperti membangkitkan energi panitia untuk terus bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih ikhlas,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here