Menag: Habaib Miliki Andil Melahirkan NKRI

371
menag
Menag RI (Foto: Kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi peran para sayyid dan habaib yang berasal dari Hadramaut, Yaman Selatan, dalam penyebaran Islam di Indonesia yang dimulai pada abad ke 17.

Menurutnya, banyak guru dan muballigh Indonesia yang lahir dari hasil didikan mereka. Menag mencontohkan kiprah Habib Ali bin Husin Alatas.

Beliau dikenal sebagai seorang guru yang tawadhu’ dan sederhana. Habib Ali berhasil melahirkan murid-murid yang menjadi ulama besar seperti KH Abdullah Sjafi’ie, pimpinan majelis taklim Ash Syafi’iyah, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Islam As-Syafi’iyyah.

Murid lainnya adalah Kyai Haji Tohir Rohili, pimpinan majelis taklim At-Tahiriyah, yang mendirikan Yayasan At-Tahiriyyah. Termasuk juga KH Syafi’i Hadzami, dan puluhan ulama lainnya.

“Intinya, dari para Habaib inilah, lahir guru dan mubaligh di seluruh wilayah di Indonesia,” terang Menag saat memberikan sambutan pada Peringatan 90 Tahun Rabithah Alawiyah di Jakarta, Ahad (16/12/2018).

Hadir dalam kesempatan ini, Ketum Rabithah Alawiyah Habib Zen Umar Smith beserta jajarannya, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, serta Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan dan para habaib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here