Memiliki Fasilitas Lengkap, SPBU Gontor Beroperasi Awal Oktober

168
SPBU tersebut berdiri cukup megah di dekat Kecamatan Mlarak, Ponorogo, dengan standar fasilitas memadai.

Ponorogo, Muslim Obsession – Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dikenal juga sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kemandirian ekonomi pesantren cukup kuat melalui pengelolaan dan pengembangan unit-unit usaha pondok.

Satu lagi unit usaha PMDG terbaru adalah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang akan segera dioperasikan pada awal Oktober 2021.

SPBU tersebut berlokasi tidak begitu jauh dari kampus Pondok Modern Gontor pusat. Jaraknya, hanya sekitar 2,6 KM atau tepatnya berada di wilayah timur setelah gerbang masuk kampus Pondok Modern Gontor.

Bangunan SPBU tersebut berdiri cukup megah di dekat Kecamatan Mlarak, Ponorogo, dengan standar fasilitas memadai.

“Insya Allah SPBU Gontor akan beroperasi mulai awal Oktober. Bangunan SPBU ini berdiri di atas lahan tanah seluas 1.400 meter persegi. Untuk tahap awal kami mengikuti regulasi Pertamina dimana SPBU ini masih mini. Target kami setelah tiga bulan berjalan SPBU ini bisa ditingkatkan menjadi SPBU reguler,” kata Direktur SPBU Gontor Ustadz Hanif Hafidz, Senin (13/9/2021).

SPBU Gontor.

Menurutnya, ada target penjualan BBM non solar yang ditetapkan Pertamina yang harus dipenuhi pengelola agar SPBU dapat naik kelas. Jadi untuk sementara pada tahap awal ini SPBU tersebut belum mendapat jatah jualan solar sampai target penjualan BBM non solar yang ditetapkan Pertamina tercapai.

“Kami akan diizinkan menjual solar sekaligus naik status menjadi SPBU reguler. Kami optimistis mampu memenuhi target tersebut,” ungkapnya.

Pengelolaan SPBU akan berada di bawah manajemen YPPWPM yang selama ini mengelola unit-unit usaha milik Pondok Modern Gontor.

Tampak dilihat sekilas, SPBU Gontor terlihat cukup megah tepat berada di pinggir jalan. Untuk menambah kenyamanan pelanggan, di area SPBU dibangun mushalla, kantor dan toilet yang terlihat sangat bersih.

“Pembangunan SPBU Gontor yang di Mlarak kami mulai pengerjaannya sejak Januari 2021. Kami sudah melakukan rekrutmen karyawan sebanyak 15 orang yang nantinya akan bertugas disini,” tuturnya.

Mushalla, salah satu fasilitas di SPBU Gontor tampak bersih dan indah.

Bagi Pondok Modern Gontor, ini bukan kali pertama terlibat dalam pengelolaan unit usaha SPBU. Pondok Modern Gontor sebelumnya telah memiliki SPBU di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sejak 2017 silam.

Belajar dari pengalaman pengelolaan SPBU di Wonosobo yang terbilang cukup sukses, Pondok Modern Gontor kemudian memberanikan diri membuka unit usaha yang sama. Namun, kali ini lokasinya tidak jauh dari Kampus Pondok Modern Gontor.

Sekadar diketahui, SPBU menjadi salah satu wakaf produktif dengan sejuta manfaat yang dikelola oleh Badan Wakaf Gontor.

Mengutip situs resmi Badan Wakaf Indonesia, hasil pengelolaan SPBU Gontor disalurkan untuk kebutuhan pendidikan pesantren, membantu biaya pendidikan para santri Gontor sehingga mampu menekan biaya pendidikan menjadi sangat murah atau bahkan gratis, namun tetap berkualitas.

Di sisi lain, hasil pengelolaan SPBU Gontor juga ditujukan untuk membiayai kehidupan bagi para pengajarnya supaya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa sampai kuliah ke Timur Tengah, serta untuk menjamin kesehatan para pengajar dan keluarganya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here