Bahayakan Warga, Masjid Sinar Iman Dirobohkan

476

Lombok, Muslim Obsession – Dusun Empak Mayong di Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat pagi (25/8/2018) mendadak ramai. Sejumlah warga bersama para relawan berkumpul di area sekitar masjid Sinar Iman.

Menurut salah satu tokoh masyarakat dusun tersebut, Sahwan, warga dibantu relawan akan merubuhkan bangunan masjid yang sudah tampak miring dan sebagian hancur.

“Rencana ini berdasarkan kesepakatan warga karena tiang-tiang penyangga, tembok dan atap masjid sudah terliihat mau rubuh,” kata Sahwan dalam rilis yang diterima Muslim Obsession, Sabtu (26/8/2018).

Hadriansyah salah seorang relawan yang berada di lokasi menjelaskan, bangunan masjid berbahaya bila dibiarkan karena dekat dengan lokasi tempat tinggal warga. Apalagi jalan keluar masuk menuju pemukiman harus melalui komplek masjid tersebut.

Menurut Hadriansyah, proses merobohkan masjid akan dibantu Wahana Muda Indonesia, lembaga yang dpimpinnya. Hanya saja, pihaknya masih kesulitan untuk meminjam alat berat kepada pihak aparat.

“Laporan dari tim kami yang mengurus ke pihak aparat bilang prosesnya harus dari takmir lapor ke kadus lalu kadus lapor ke kades, kades lapor ke kecamatan, camat lapor ke bupati dan baru bupati memberikan instruksi/memo untuk mengeluarkan alat berat. Padahal kondisi sudah sangat membahayakan,” ujar Hardiansyah.

Kendati demikian, upaya merobohkan masjid tetap berlangsung. Pada sore harinya, warga dan relawan memutuskan untuk merubuhkan bangunan tersebut secara manual dengan peralatan alakadarnya yang jauh dari kata aman. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here