Melly Goeslaw Sebut Ramadhan Tahun Ini yang Terbaik dalam Hidupnya. Kenapa?

332
Melly Goeslaw. (Foto: jatengdaily)

Jakarta, Muslim Obsession – Ramadhan dimaknai artis senior Melly Goeslaw sebagai momentum untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Apalagi ia meyakini bahwa di bulan suci ini Allah subhanahu wa ta’ala melipatgandakan setiap amal shalih.

Untuk tahun ini, Melly pun tak canggung menyebut Ramadhan kali ini merupakan yang terbaik dalam hidupnya. Kenapa?

“Menurut aku ini adalah the best Ramadhan sepanjang ada Ramadhan di dunia ini. Karena apa? Karena lahan kebaikannya, lahan untuk kita berbuat baik banyak banget,” ujar Melly dalam acara “Talk with Elly” yang ditayangkan di channel YouTube Women’s Obsession.

Kepada host program tersebut, Elly Simanjuntak yang merupakan editor in chief Women’s Obsession, Melly mengaku tak bisa membayangkan jika semua orang di dunia ini kaya raya. Karena jika demikian, ia pasti bingung saat ingin memberikan sedekah.

Dan saat ini, menurutnya, Allah tengah memberikan kesempatan kepada semua hamba-hamba-Nya untuk berbuat kebaikan karena saat ini banyak orang yang terdampak wabah virus Corona.

“Jadi inilah kesempatan terbaik bagi kita, mungkin selama Ramadhan dalam hidupku, untuk melatih dan mengecek lagi hati kita sejauh mana berempati. Karena pastinya orang-orang yang kesulitan ekonomi pada Ramadhan kali ini jauh lebih banyak dibandingkan Ramadhan sebelumnya,” jelas Melly.

Salah satu yang dilakukannya adalah memberikan endorse gratis bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di akun Instagramnya. Hal ini tentu saja membuat senang para pelaku UKM.

Melly memilih terjun langsung dalam program kemanusiaan itu meski proses itu bisa sampai tengah malam. Ia merasa justru proses inilah yang menarik dan jadi kenangan yang tak akan pernah terlupakan bahwa ia pernah mengalami masa-masa seperti saat ini.

“Aku pengennya ada pahala paralel. Misalnya, ada orang kirim (bantuan) ke aku lalu ada proses membuka packaging-nya, menyusun, memotret, kadang-kadang aku cobain meski sedikit dan menurut aku itu satu kebahagiaan tersendiri. Dan bantuan itu bisa melibatkan orang lain, sehingga pahala tidak berhenti di kita. Jadi yang menikmati itu orang banyak dan hasilnya lebih luas daripada kita cuma repost,” terangnya.

Melly tak sendiri dalam aksi kemanusiaan tersebut. Sejumlah artis terkemuka pun turut berkontribusi, seperti dalam hal pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga-tenaga medis yang menangani para pasien terjangkit virus Corona.

Menyambangi Gaza

Melly yang telah berkarier 25 tahun di industri musik Tanah Air tak hanya dikenal sosok penyanyi dan komposer. Ia memang dikenal juga sebagai filantropis dalam sejumlah aksi kemanusiaan.

Istri dari musisi Anto Hoed ini bahkan pernah menyambangi masyarakat Palestina di Jalur Gaza pada 2017 silam. Banyak cerita didapat Melly, termasuk saat ia mesti bersitegang dengan tantara Turki untuk memasuki area konflik tersebut dan berkumpul dengan anak-anak Palestina.

Di Gaza, Melly menemukan banyak tenda-tenda pengungsi yang cukup layak huni karena banyaknya bantuan dari seluruh dunia untuk masyarakat setempat. Ia juga menemukan anak-anak Gaza yang belajar dengan leluasa meski tidak belajar dengan materi pelajaran seperti di negara-negara lain.

Dan yang menarik, anak-anak Gaza diharuskan menjadi hafizh Al-Quran.

“Makanya waktu aku mau adopsi salah satu anak dari sana tidak bisa, karena mungkin takutnya kalau aku bawa ke Indonesia jadi pemain sinetron, karena kan cakep-cakep..” kata Melly sambil berseloroh.

Melihat kondisi Gaza dari dekat, Melly lagi-lagi yakin jika Allah pun tengah membentangkan lahan kebaikan sekaligus menguji masyarakat dunia yang tidak ditugaskan secara langsung menjaga Al-Aqsha.

“Kita bisa menjaga Al-Aqsha dengan menyantuni mereka di Palestina. Ini bukan tentang mereka muslim, bukan tentang siapa kita, tapi ini tentang kemanusiaan,” tandas Melly.

Misi kemanusiaan Melly di Palestina, rupanya diingat anak-anak Gaza. Pada 7 Januari tahun ini, anak-anak Gaza merayakan ulang tahun Melly yang ke-46. Di dalam foto yang dikirim Aksi Cepat Tanggap (ACT), tampak belasan anak Gaza menggunakan topi ulang tahun disertai kue dengan tulisan ‘Happy Birthday Teh Melly’. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here