Melalui ‘Connecting Muslim’, Parmusi Wujudkan Masyarakat Madani

547
Ketua Umum PP Parmusi, Usamah Hisyam saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Jambore Nasional Dai Parmusi.
Ketua Umum PP Parmusi, Usamah Hisyam saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Jambore Nasional Dai Parmusi.

Muslim Obsession– Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) melakukan suksesi kepemimpinan pada 2015. Dalam Muktamar III Parmusi di Asrama Haji Batam, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (13/3/2015), Usamah Hisyam terpilih sebagai Ketua Umum dan Abdurrahman Syagaff sebagai Sekretaris Jenderal periode 2015-2020. Duet Usamah-Abdurrahman menggantikan Bachtiar Chamsyah-Imam Suhardjo.

Di bawah kendali kepemimpinan Usamah wajah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam tersebut mengalami perubahan yang drastis. Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Parmusi pada September 2015 memutuskan perubahan paradigma baru Parmusi dari sebelumnya berorientasi politik  menjadi  berorientasi dakwah.

Parmusi tak lagi menjadi ormas eksklusif yang hanya menyiapkan kader-kader politik umat yang disalurkan melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun sudah mencanangkan tagline sebagai connecting muslim atau wadah persaudaraan bagi umat Islam. Melalui paradigma baru ini Parmusi fokus untuk berdakwah di bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Parmusi secara institusi tak lagi melakukan kegiatan politik praktis seperti periode sebelumnya, tetapi kader-kader Parmusi secara individu diperkenankan menjadi kader politik sesuai dengan aspirasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here