Medjool, Si Raja Kurma yang Baik untuk Kesehatan Otak

253
Kurma Medjool. (Foto: Anto/Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Kurma Medjool memiliki rasa manis alami. Bentuknya agak lebih besar, lebih gelap, dan lebih seperti karamel daripada jenis kurma umum lainnya.

Awalnya, buah yang dijuluki Raja Kurma ini berasal dari Maroko, dari pohon kurma Phoenix dactylifera dan sekarang tumbuh di daerah hangat di Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika.

Kurma ini sering dijual kering tetapi tidak membuatnya kehilangan cairan, namun sebaliknya menjadikan teksturnya lunak dan lengket.

Kandungan gulanya menjadi lebih terkonsentrasi saat mereka mengering, yang selanjutnya meningkatkan rasa manis kurma.

Baca juga:

Kaya Nutrisi, Ini 4 Manfaat Kurma Sukari Bagi Kesehatan

7 Olahan Kurma yang Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa

Sejarah Kurma, Buah Berusia 8.000 Tahun

Fakta Gizi

Kurma Medjool adalah sumber nutrisi sehat terkonsentrasi. Mengandung Kalori: 133, Karbohidrat: 36 gram, Serat: 3,2 gram, Protein: 0,8 gram, Gula: 32 gram, Lemak: 0 gram, Kalsium: 2% dari Nilai Harian (DV), Besi: 2% dari DV, Kalium: 7% dari DV, Tembaga: 19% dari DV, Vitamin B6: 7% dari DV, Magnesium: 6% dari DV.

Kurma Medjool mengandung sejumlah besar serat dan beragam vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kalium, vitamin B, tembaga, dan magnesium.

Dibandingkan dengan varietas umum lainnya seperti Deglet Noor, kurma Medjool mengandung kalsium lebih banyak.

Kandungan kalori dan gula

Kurma adalah sumber terkonsentrasi dari gula alami. Sementara orang yang memantau gula darah mereka mungkin perlu memoderasi asupan kurma.

Satu penelitian kecil menemukan bahwa buah ini memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah dan tidak menyebabkan peningkatan besar dalam gula darah.

Namun, dilansir Healthline, Selasa (5/5/2020) kurma Medjool mengemas banyak kalori dalam porsi kecil. Untuk alasan ini, Anda mungkin ingin menjaga asupan Anda tetap terkendali.

Buah-buahan kering, yang juga termasuk kismis, aprikot kering, dan prem, mengandung lebih banyak kalori per porsi daripada buah segar lainnya karena mereka memiliki lebih sedikit air.

Potensi manfaat kesehatan

Kurma Medjool menawarkan beberapa manfaat kesehatan di antaranya ialah:

Melindungi jantung

Serat dan antioksidan dalam kurma Medjool dapat membantu melindungi jantung Anda. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) Anda dan menjaga arteri Anda tetap bersih, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Hanya 2 kurma (48 gram) mengandung lebih dari 3 gram serat

Baca juga:

Cegah Corona, Kurma Cocok Tingkatkan Antibodi untuk Ketahanan Tubuh

Bosan di Rumah Mau Ngapain? Yuk Coba Buat Dalgona Coffee Kurma, Ini Resep dan Cara Buatnya

Disukai Nabi, Berikut Ini 10 Jenis Kurma Paling Populer di Dunia

Satu studi tabung menemukan bahwa Medjool dan varietas kurma lainnya menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan mencegah penumpukan plak di arteri. Akumulasi plak pada akhirnya dapat menghalangi aliran darah, yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kurma Medjool juga merupakan sumber antioksidan yang kaya, yang membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Antioksidan asam karotenoid dan fenolik keduanya telah dipelajari untuk efek menguntungkan pada kesehatan jantung.

Mendukung pencernaan yang sehat

Serat sangat penting untuk meningkatkan pencernaan yang sehat dan keteraturan usus. Faktanya, serat yang cukup dalam makanan sehari-hari Anda membantu membentuk feses dan mencegah sembelit.

Mengonsumsi serat yang cukup juga dapat mengurangi risiko penyakit pencernaan seperti kanker kolorektal. Dalam studi 3 minggu, 21 orang makan 7 kurma (168 gram) per hari dan secara signifikan meningkatkan frekuensi buang air besar mereka, dibandingkan dengan ketika mereka tidak makan kurma.

Tinggi antioksidan

Kurka Medjool mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit otak.

Kandungannya antara lain flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, yang telah dipelajari untuk sifat anti-inflamasi, antikanker, dan pelindung otak.

Satu studi dalam buah kering menemukan bahwa kurma ini memiliki kandungan antioksidan tertinggi jika dibandingkan dengan buah ara dan plum.

Sumber energi

Kurma Medjool menawarkan banyak karbohidrat dalam porsi kecil. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh Anda

Menjaga kesehatan tulang

Kurma Medjool mengandung sejumlah kecil kalsium dan merupakan sumber kalium, mangan, dan tembaga yang layak, yang semuanya merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang.

Dapat melindungi kesehatan otak

Penelitian pada hewan mengaitkan antioksidan kurma dengan tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah dan mengurangi plak otak yang terkait dengan kondisi seperti penyakit Alzheimer. Meski demikian, diperlukan lebih banyak penelitian lagi tentang manfaat kurma Medjool ini. (Vina)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here