Medina Azahara, ‘Kota Bunga’ Bekas Istana Mewah di Cordoba

56

Muslim Obsession – Sekitar dua belas kilometer di luar Kordoba, di kaki Sierra Morena, Spanyol, terdapat reruntuhan Medina Azahara (‘Kota Bunga’), kota istana yang mengakhiri semua kota.

Pada abad ke-10, Kordoba telah menjamur dalam ukuran dan kepentingannya sehingga Khalifah Abd ar-Rahman III memindahkan markasnya ke kota istana yang dibangun khusus ini.

Dikutip dari Islamic Landmarks, salah satu teori adalah bahwa Amirul Mukminin (Pangeran Orang Beriman) yang menyatakan diri membangun Madinat Az-Zahrah untuk membuktikan kemuliaan kekhalifahannya kepada saingannya, Fatimiyah Ifriqiya di Afrika Utara.

Medina Azahara sangat mewah, dinding dan pilarnya bertatahkan amber, koral dan permata, sementara masjidnya dikenal sebagai ‘adik perempuan’ dari Mezquita dari Cordoba.

Kompleks tersebut tidak hanya mencakup kediaman pribadi khalifah tetapi juga pengadilan, markas wazir, barak tentara, sekolah, taman.

Singkatnya, itu adalah kota yang mandiri dari Cordoba. Kompleks istana ini dulunya begitu megah sehingga para abdi dalem dari seluruh Eropa berbondong-bondong mengunjunginya.

Menurut seorang penulis kontemporer, duta besar asing dipimpin dengan kuda mereka dari Cordoba di bawah dua baris tentara yang membentang dua belas kilometer penuh antara kota dan istana, semuanya mengangkat pedang mereka tinggi-tinggi untuk membentuk lengkungan di atas kepala mereka.

Begitu berada di dalam kompleks istana, mereka dibawa (mungkin dengan sedikit lega karena telah lolos dari pedang) melewati kolam merkuri yang berkilauan dengan setiap angin, lalu dari satu ruangan megah ke ruangan lain, semua diisi dengan pejabat Moor berpakaian mewah

Kota ini melambangkan keangkuhan waktu hampir delapan puluh tahun setelah tempat yang mempesona ini dibangun, kota itu dijarah oleh tentara tanpa bayara, yang marah pada tahun 1010 M dan ditinggalkan dalam reruntuhan selama perang saudara yang menandai berakhirnya kekhalifahan dan dimulainya kekhalifahan kedua periode taifa Al-Andalus.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here