Masya Allah! Pertama Kali Adzan Berkumandang di Langit Amsterdam

302
Masjid De Blauwe Moskee (Foto: About Islam)

Amsterdam, Muslim Obsession – Untuk pertama kalinya adzan berkumandang di langit Amsterdam, Jumat (15/11/2019).

Para penduduk setempat pun berdiri di luar masjid De Blauwe Moskee dan merekam momen emosional itu di ponsel mereka. Juru bicara Masjid Nourdeen Wildeman mengaku senang dan merasa terhormat mendengar Adzan setelah sekian lama.

Awalnya, masjid yang dijuluki Masjid Biru itu merencanakan akan mengumandangkan adzan pada Jumat lalu, tetapi kabel sistem audio terputus oleh orang-orang yang tidak dikenal.

Wildeman mencatat bahwa 7% masjid di Belanda telah mengumandangkan Adzan selama bertahun-tahun. Namun, ia mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya berlaku di ibu kota Amsterdam.

“Ada reaksi berbeda dari penduduk setempat. Beberapa mengkritiknya tetapi secara umum reaksinya positif,” katanya.

Ursula van Spronsen, seorang warga setempat, mengatakan dia datang ke masjid dan untuk pertama kalinya mendengar Adzan yang sangat merdu.

Islam di Belanda

Islam adalah agama terbesar kedua di Belanda, yang dipraktekkan oleh 4% dari populasi menurut perkiraan 2010-2011. Sebagian besar berada di empat kota besar negara itu, Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, dan Utrecht.

Sejarah awal Islam di Belanda dapat ditelusuri ke abad ke-16 ketika sejumlah kecil pedagang Ottoman mulai menetap di kota-kota pelabuhan negara. Akibatnya, masjid improvisasi pertama kali dibuat di Amsterdam pada awal abad ke-17. Terhitung, ada sekitar 500 masjid di seluruh Belanda. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here