Masya Allah! Manfaat Menghafal Al-Quran Bisa Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi

431
Menghafal Al-Quran (Foto: Edwin B / Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Ingatkah Anda, kapan terakhir kali Anda fokus begitu intens pada suatu pekerjaan, sampai Anda lupa waktu dan tidak merasakan jam berlalu?

Memiliki kemampuan untuk fokus pada sesuatu yang mendalam menjadi keterampilan yang langka di dunia ini.

Menurut beberapa penelitian, rata-rata orang dewasa memeriksa ponsel mereka 150 kali sehari atau setara dengan 10 kali per jam! Tidak heran fokus kita banyak terbagi-bagi.

Namun tahukah Anda bahwa mampu duduk diam selama 30-45 menit setelah shalat subuh (misalnya) dan fokus membaca atau menghafal Al-Quran, jauh dari gangguan dan urusan sehari-hari, bisa menjadi penangkal yang kuat bagi dunia kita yang sangat terhubung.

Hal ini membantu kita mengembangkan fokus mendalam yang sangat kita butuhkan untuk menuju keberhasilan. Menghafal Al-Quran butuh konsentrasi penuh pada qalam Allah, serta menahan godaan untuk memeriksa ponsel.

Kiat untuk melatih kekuatan fokus Anda dengan menghafal Al-Quran

  • Ikhlas

Tanamkan pada diri bahwa Anda tidak membaca atau menghafal Al-Quran hanya untuk melatih otot fokus Anda. Namun, Anda melakukan ini sebagai tindakan pengabdian dan ibadah murni kepada Allah. Hal inilah yang kemudian akan membantu Anda tetap istiqamah dalam menghafal.

  • Tetapkan waktu tertentu

Waktu ideal dalam menghafal Al-Quran adalah pagi hari usai atau sebelum shalat subuh. Usahakan untuk fokus minimal 30-45 menit untuk membaca atau menghafal Al-Quran.

  • Jangan ada gangguan di sekitar Anda

Jauhkan ponsel Anda dari jangkauan. Jangan disimpan di saku atau di sekitar Anda.

  • Tenangkan pikiran Anda

Jika pikiran Anda mengembara saat membaca Al-Quran, bawa kembali perhatian Anda kepada Al-Quran. Namun, jika pikiran itu tidak bisa hilang dari ingatan, segera ambil pena dan kertas lalu catat. Setelah itu, Anda bisa kembali menghafal.

  • Libatkan imajinasi dan indra Anda saat membaca

Saat membaca atau menghafal Al-Quran, cobalah untuk melibatkan semua kemampuan Anda, apakah itu visual, dengan membaca teks, atau audio pendengaran, dengan mendengarkan diri Anda mengucapkan; atau sentuhan, dengan memegang Al-Quran di tangan Anda (alih-alih menggunakan aplikasi Al-Quran ponsel cerdas Anda).

Atau gunakan imajinasi Anda untuk memvisualisasikan makna, gambar, dan cerita Al-Quran saat Anda membacanya. Hal ini akan membuat otak Anda bersemangat dalam berbagai cara.

Tidak ada cara yang lebih kuat untuk melatih otot-otot fokus Anda selain mendedikasikan waktu pada dini hari setiap hari untuk membaca kalimat-kalimat Allah dalam Al-Quran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here