Masya Allah, Begini Persiapan Para Sahabat Menyambut Ramadhan

689
Ramadhan Karim (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Muslim Obsession – Tanyakan pada hati, apakah kita termasuk orang-orang yang merindukan Ramadhan?

Sebab beruntunglah mereka yang bergembira saat Ramadhan tiba, karena bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa.

Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/385). Dinilai shahih oleh Al-Arna’uth dalam Takhrijul Musnad (8991)

Lalu, bagaimana para sahabat Nabi menyiapkan diri saat bulan suci itu akan tiba?

Dikutip dari sebuah ceramah Ustadz Adi Hidayat, para sahabat ketika mendapati waktu menjelang Ramadhan, mereka luar biasa gembira.

“Masya Allah, mereka sebagian sudah dijamin masuk surga, dekat dengan Nabi Saw. dekat dengan Allah Swt. amalan banyak dikumpulkan. Begitu mendengar Ramadhan akan tiba, maka umumnya mereka mempersiapkan diri,” terang Ustadz Adi.

Para sahabat, lanjutnya bersemangat membuat menu-menu kebaikan, mempersiapkan amalan, menghentikan sebagian aktivitas untuk menyiapkan Ramadhan mereka.

“Kita sahabat bukan, tidak dekat dengan Nabi Saw. belum tentu dekat dengan Allah Swt. begitu mendengar Ramadhan tiba apa yang sudah kita persiapkan?” pungkas Ustadz lulusan Universitas di Libya tersebut. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here